Yamaha

4 Amalan Sunah di Bulan Syawal, Salah Satunya Dianjurkan Menikah

  Jumat, 21 Mei 2021   A. Dadan Muhanda
Menikah di Bulan Syawal Sangat Dianjurkan [istimewa]

AYOCIREBON.COM-- Jangan lewatkan amalan di bulan Syawal. Sebab Syawal merupakan bulan yang diistimewakan setelah bulan Ramadan. Umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah di bulan Syawal. Berikut ini amalan sunah bulan Syawal.

Amalan sunah di bulan Syawal tak hanya melaksanakan puasa 6 hari. Ada banyak amalan ibadah lainnya yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh pahala melimpah.

Bulan Syawal disebut sebagai penyempurna ibadah bulan Ramadan. Jadi, amalan di bulan Ramadan tak hanya berakhir saat Lebaran tiba, namun ditingkatkan lagi dengan menjalankan amalan ibadah di bulan Syawal.

Amalan Sunah di Bulan Syawal

Bagi seluruh umat muslim, berikut ini amalan sunah bulan Syawal yang bisa kamu lakukan sebagai penyempurna ibadah di bulan Ramadan yang dirangkum Suara.com, jaringan Ayocirebon.com.

AYO BACA : Puasa Syawal Selama 6 Hari, Mulai tanggal 2 Syawal

1. Puasa 6 Hari

Puasa 6 hari di bulan Syawal salah satu amalan sunah dengan pahala yang melimpah ruah. Biasanya, amalan ini dilakukan pada hari kedua Bulan Syawal hingga hari berikutnya selama 6 hari.

Puasa 6 hari bulan Syawal menjadi pelengkap dan penyempurna puasa Ramadan. Puasa 6 hari ini juga dapat dilakukan pada minggu ke-2 Bulan Syawal.

2. Silaturahmi

Amalan sunah berikutnya yang dapat dilakukan di bulan Syawal yakni Silaturahmi. Silaturahmi salah satu ibadah yang memang sering dilakukan dan menjadi semacam tradisi di bulan Syawal atau saat lebaran.

AYO BACA : Puasa Syawal Boleh Tidak Berurutan

Silaturahmi ini biasanya dilakukan dengan saling memaafkan baik sesama anggota keluarga, rekan kerja maupun teman. Itulah mengapa bulan Syawal ini menjadi bulan yang penuh berkah.

Namun, karena ini masa pandemi, silaturahmi bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi, seperti pesan whatsapp maupun video call bersama keluarga maupun orang-orang terdekat lainnya.

3. Iktikaf

Iktikaf (berdiam diri di masjid) salah satu amalan ibadah yang dianjurkan di Bulan Syawal. I’tikaf biasanya dilakukan dengan berzikir, menunaikan shalat 5 waktu, salat sunah, dan membaca Al-Quran.

Iktikaf dapat dilakukan pada Bulan Syawal, jika saat bulan Ramadan kamu tak sempat melaksanakannya. Jadi amalan ibadah di Bulan Syawal berikutnya yaitu sebagai waktu  pengganti  Iktikaf yang terlewatkan atau tak sempat dilakukan saat bulan Ramadan.

4. Menikah

Amalan sunah berikutnya yaitu menggelar pernikahan. Menikah di Bulan Syawal adalah suatu kebaikan dan dianjurkan. Hal tersebut tercantum juga dalam hadits yang yang diriwayatkan Imam Muslim dari Aisyah RA.
“Rasulullah SAW menikahiku saat Bulan Syawal dan mengadakan malam pertama dengan aku di Bulan Syawal. Manakah istri beliau yang lebih mendapatkan perhatian selain aku?”

AYO BACA : 5 Kumpulan Doa Khusus di hari Jumat


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar