bank bjb
  

PPDB Kota Cirebon 2021, Informasi Pelaksanaan dan Pembagian Jalur

  Jumat, 28 Mei 2021   Erika Lia
PPDB Kota Cirebon 2021, Informasi Pelaksanaan dan Pembagian Jalur
Proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kota Cirebon diagendakan mulai pada 28 Juni 2021. (Foto Ayocirebon.com)

KESAMBI, AYOCIREBON.COM -- Proses penerimaan peserta didik baru atau PPDB Kota Cirebon 2021 diagendakan mulai pada 28 Juni 2021.

Rencananya, proses PPDB dilaksanakan melalui 2 jenis pada 2 tingkatan berbeda, masing-masing SMP dan TK maupun SD.

"Mengingat pandemi, pelaksanaan PPDB tingkat SMP dilaksanakan secara daring (online)," kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon, Irawan Wahyono, Jumat, 28 Mei 2021.

Namun, proses PPDB Kota Cirebon 2021 untuk SD dan TK dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Sejauh ini, Disdik sendiri telah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah ihwal PPDB sejak 27 Mei dan diakhiri pada 20 Juni 2021.

Dia menyatakan, Disdik telah siap melaksanakan tahapan PPDB lebih baik dari sebelumnya.

Untuk ini, pihaknya berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait, antara lain Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Komite Olahraga Nasional Indonesia, Pramuka, dan organisasi lain, agar pelaksanaan PPDB Kota Cirebon 2021 sesuai Peraturan Wali Kota Cirebon Nomor 43 Tahun 2021.

"Kalau sudah terintergrasi, sinkronisasi data pada PPSN akan lebih mudah," cetusnya.

Pada PPDB kali ini, tercatat 50% jalur zonasi tingkat SMP dan 30% jalur prestasi. Sisanya, 10% jalur afirmasi dan masing-masing 5% untuk jalur anak guru dan siswa yang ikut perpindahan orang tua ke Kota Cirebon.

Pembagian itu diklaim sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan di Kota Cirebon.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Disdik Kota Cirebon, Asep Komara bersama Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP, Toto Haryanto meyakinkan, saat ini tak lagi berlaku istilah sekolah favorit di Kota Cirebon.

"Dengan kualitas SDM yang sama, sudah tidak ada sekolah favorit," tuturnya.

Dia pun meyakinkan, kualitas guru di Kota Cirebon kini sudah hampir merata. Dengan begitu, anak-anak dapat bersekolah di lingkungan sekitar tempat tinggalnya, termasuk pula sekolah swasta.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar