bank bjb
  

Benarkah Vaksin Covid-19 Mengandung Magnet? Begini Penjelasan Satgas

  Jumat, 28 Mei 2021   Suara.com
Benarkah Vaksin Covid-19 Mengandung Magnet? Begini Penjelasan Satgas
ilustrasi vaksin Covid-19. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Kabar vaksin Covid-19 mengandung magnet diluruskan Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Menurut dia, isu itu adalah hoaks.

"Terkait vaksin Covid-19 yang mengandung magnet, perlu diketahui bahwa vaksin tidak mengandung magnet," kata Wiku dalam jumpa pers virtual, Jumat (28/5/2021).

Wiku menjelaskan, koin yang ditempelkan di lengan seorang pria dalam video yang viral di media sosial tersebut diduga menempel karena kulitnya berkeringat, bukan akibat daya tarik magnet dalam vaksin Covid-19.

"Koin bisa saja menempel di kulit karena adanya keringat alami dan gaya gesek lainnya sehingga menimbulkan gaya magnet," ucapnya.

Wiku kemudian meminta pada masayrakat untuk tidak menyebarkan atau memproduksi hoaks yang meresahkan publik dan mengganggu program vaksinasi Covid-19 pemerintah.

"Kesalahan kita dalam menyebarkan informasi yang belum dapat diverifikasi sama saja dengan menyebar berita bohong atau hoaks," tegasnya.

Sebelumnya, sebuah video singkat beredar di WhatsApp memperlihatkan sebuah uang koin pecahan seribu rupiah tertempel di lengan seseorang yang baru disuntik vaksin Covid-19.

Wiku juga meminta masyarakat untuk terus mengikuti perkembangan pandemi dan vaksinasi Covid-19 melalui kanal resmi pemerintah maupun dari media massa yang terverifikasi.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar