bank bjb
  
Yamaha

Struktur Bangunan Kuno Dingkel Sambimaya di Indramayu Berteknologi Tahan Gempa

  Selasa, 01 Juni 2021   Erika Lia
Struktur Bangunan Kuno Dingkel Sambimaya di Indramayu Berteknologi Tahan Gempa
Tim arkeolog melakukan ekskavasi struktur bangunan di Situs Dingkel, Desa Sambimaya, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu. (Ayocirebon.com/Istimewa)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM -- Ekskavasi tim arkeolog mendapati bangunan kuno di area Situs Dingkel di Desa Sambimaya, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, telah menerapkan teknologi tahan gempa.

Kesimpulan itu diperoleh dari temuan lapisan pecahan bata halus (gravel) yang mengelilingi lantai dasar bangunan.

"Temuan berupa pecahan bata setebal 10 cm yang mengelilingi bangunan ini merupakan stabilizer atau penahan gempa dari sebuah bangunan," jelas ketua tim penelitian arkeologi Situs Dingkel Sambimaya, Nanang Saptono, Selasa, 1 Juni 2021.

Dengan kata lain, para undagi kala itu telah memikirkan dampak dari kebencanaan terhadap bangunan yang didirikan di kawasan rawan bencana.

Lapisan penahan gempa sejenis pula ditemukan di situs arkeologi lain se-Indonesia, seperti kompleks percandian Batujaya di Kabupaten Karawang, dan kompleks percandian Prambanan di Jawa Tengah.

"Di Prambanan, lapisan penahan gempa menggunakan kerikil. Sementara di Batujaya sama dengan Sambimaya, menggunakan pecahan bata merah," tuturnya.

Arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten, Sony Prasetiya Wibawa menyebut, ekskavasi di Situs Dingkel saat ini telah masuk hari ke-6.

"Kami sudah menemukan dinding struktur bangunan, sudut struktur bangunan, dan lantai bangunan berundak," bebernya.

Pihaknya berharap temuan itu dapat mengungkap jenis struktur bangunan di areal persawahan yang tepatnya berlokasi di Blok Dingkel, Desa Sambimaya, ini.

Sejauh ini dia menduga, bangunan itu berupa komplek pemukiman sebab ada areal sakral. Namun, bangunan lain masih memerlukan penelusuran lebih dalam.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar