bank bjb
  

Ini Penyebab Pendaftaran Prakerja Gagal Berkali-kali, Simak Tips Agar Tidak Gagal Terus

  Senin, 07 Juni 2021   A. Dadan Muhanda
Ini Penyebab Pendaftaran Prakerja Gagal Berkali-kali, Simak Tips Agar Tidak Gagal Terus
Beberapa Alasan Pendaftaran prakerja Gagal,

AYOCIREBON.COM--Pendaftaran Kartu Prakerja kini telah memasuki gelombang 17 pada 7 Juni 2021. Namun, sejumlah masyarakat masih mempertanyakan mengapa mereka selalu gagal lolos dalam sesi pendaftaran.

Ada beberapa penyebab gagal prakerja berkali-kali seperti dirangkum Ayocirebond ari akun Instagram prakerja. 

Kegagalan mendaftar jadi peserta Kartu Prakerja disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, jumlah pendaftarnya pada tiap gelombang jauh lebih banyak dibanding kuota yang disediakan.

Penyebab kedua, ada beberapa kriteria dalam proses penentuan calon penerima yang telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2020.

Berdasarkan aturan itu, dijelaskan penerima kartu prakerja tidak boleh TNI/Polri, ASN, pejabat negara, pejabat desa, dan yang lain. Salah satunya jika pendaftar masuk salah satu tersebut, itu berarti mereka tidak akan bisa lolos sebagai penerima.

AYO BACA : Jadwal Puasa Sunnah 2021 Serta Kalender Islam Lengkap

Faktor ketiga, ini berkaitan dengan fungsi program Kartu Prakerja yang telah berubah fungsi menjadi semi bansos pada saat pandemi Covid-19. Dengan begitu, Hengki menyebutkan, masyarakat yang telah menerima program bantuan sosial lainnya seperti Bantuan Subsidi Upah (BSU) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tidak berhak menerima Kartu Prakerja.

Jika peserta jadi bagian dari 3 penerima bantuan tadi, itu tidak akan pernah lolos jadi penerima kartu prakerja.

Namun, ada juga gagal karena proses pendaftaran. Pernahkan anda bertanya mengapa banyak masyarakat yang berulang kali gagal dalam menerima bantuan Kartu Prakerja? Syarat aplikasi yang tidak sempurna bisa menjadi salah satu alasannya.

Manajemen Kartu Prakerja sempat membeberkan bahwa proses unduh berkas foto KTP menjadi hal wajib yang perlu mendapat perhatian dalam proses melamar di dashboard Kartu Prakerja.

Saat ini, Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja sedang mempersiapkan untuk membuka gelombang tambahan yaitu gelombang 17. Adanya gelombang tambahan lantaran ada sebanyak 44 ribu peserta yang kepesertaannya dicabut di gelombang 12 hingga 16 akibat tidak membeli pelatihan pertama dalam kurun waktu 30 hari. 

AYO BACA : Jadwal terbaru pendafatan Prakerja Gelombang 17

Lalu, bagaimanakah cara untuk mengunggah KTP di laman Kartu Prakerja yang baik dan benar? Berikut Ayojakarta rangkum tipsnya:

1. Foto KTP dengan pencahayaan yang cukup (tidak ada bayangan yang tertangkap kamera)

2. Potong file foto KTP dengan menyisakan bagian atas, bawah, kanan, kiri (agar diperlihatkan sisi dari tempat mengambil foto)

3. Sesuaikan ukuran file foto KTP dengan yang ditentukan

4. Jika ukuran file foto KTP lebih besar, agar mengubah ukuran terlebih dahulu (compress foto).

Nantinya, bagi 600 ribu peserta yang lolos, berhak mendapatkan insentif berupa uang tunai. Uang insentif tersebut akan langsung ditransfer ke rekening masing-masing penerima.

Untuk total insentif, jumlahnya sama dengan Kartu Prakerja pada tahun 2020 yaitu sebanyak Rp 3.55 juta per orang. Dimana rinciannya adalah bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta (tidak bisa dicairkan), insentif pasca pelatihan dengan total Rp 2.4 juta atau Rp 600 ribu selama 4 bulan, dan insentif pasca survei dengan nilai Rp 150 ribu.

 

AYO BACA : 15 Situs Download Film Terbaik Pengganti Indoxx1 dan LK21


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar