bank bjb
  
Yamaha

Berumur 531 Tahun, Ini Catatan Pemerintah Kabupaten Majalengka Masa Karna Sobahi

  Senin, 07 Juni 2021   Editor
Berumur 531 Tahun, Ini Catatan Pemerintah Kabupaten Majalengka Masa Karna Sobahi
Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Majalengka 531 tahun, bertempat di Gedung Bhineka Yudha Sawala DPRD Kabupaten Majalengka, Senin, 7 Juni 2021. (Dok. Pemkab Majalengka)

MAJALENGKA, AYOCIREBON.COM -- Kabupaten Majalengka genap berumur 531 tahun. Meski di tengah pandemi, hari jadi tetap diperingati walau terbilang sederhana. Sementara puncaknya, dilakukan dengan Rapat Paripurna Istimewa bertempat di Gedung Bhineka Yudha Sawala DPRD Kabupaten Majalengka, Senin, 7 Juni 2021.

Rapat Paripurna dipimpin Ketua DPRD Majalengka Edy Anas Djunaedi, yang dihadiri Bupati, Sekda, Forkopimda, Kepala OPD, tamu undangan lainnya sedangkan para camat dan kepala desa mendengar secara virtual di kantor kewilayahan masing-masing.

Bupati Majalengka Karna Sobahi dalam sambutanya mengatakan walaupun hampir dua tahun anggaran mengalami Refocusing akibat pandemi Covid-19, namun capaian indikator makro sebagai tolak ukur keberhasilan kinerja pencapaian visi misi terus digenjot.

AYO BACA: Pemkab Indramayu Dorong Daerah dengan Angka Stunting Tinggi Konsumsi Ikan

Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) Kabupaten Majalengka tahun 2018 sebesar 6,48% dan ditargetkan pada tahun 2023 bisa meningkat menjadi 6,67%. Capaian selama dua tahun selama kepemimpinannya, ujar Karna, berada di atas rata-rata LPE Nasional dan provinsi Jawa Barat yaitu sebesar 7,71%.

Sedangkan Tingkat Pengganguran Terbuka (TPT) pada tahun 2019 turun menjadi 4,37% sehingga lebih baik dari rata-rata nasional. Di samping itu, prosentase penduduk miskin setiap tahunya semakin menurun sebesar 10,79%.

Lebih lanjut, Karna menjelaskan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) setiap tahunya mengalami kenaikan dari tahun 2018 sebesar 66,72 poin menjadi 67,52 poin pada tahun 2019.

Lalu, pada tahun 2021 ini pemerintah kabupaten Majalengka terus mengenjot pembangunan infrastruktur perekonomian yang langsung menyentuh ke masyarakat. Di antaranya pembangunan jalan sepanjang 8 km dan pemeliharaan jalan kabupaten sepanjang 162 km yang tersebar di seluruh kabupaten Majalengka serta pemeliharaan jembatan dengan anggaran sebesar Rp165 miliar.

AYO BACA: Beberkan Data Kemiskinan, Bupati Cirebon Minta Perusahaan tak PHK Pegawai

Karna mengatakan, untuk meningkatkan pertumbuhan pertanian, Pemkab Majalengka akan merehabilitasi embung dan mata air sebanyak 27 lokasi serta rehabilitasi jaringan irigasi pedesaan sebanyak 454 titik dengan anggaran sebesar Rp128 miliar.

Selain itu, tahun ini pihaknya menganggarkan untuk rehabilitasi gedung pemerintah di 8 OPD sebesar Rp14 miliar serta gedung sarana publik di 14 lokasi dengan anggaran sebesar Rp24 miliar.

”Adapun untuk meningkatkan kualitas bidang pendidikan pada tahun 2021 ini pemerintah kabupaten Majalengka akan membangun dan merehabilitasi bangunan sekolah baik PAUD, SD dan SMP sebanyak 227 unit sekolah dengan anggaran mencapai Rp52 miliyar,” tutur dia, dalam siaran pers Pemkab Majalengka.

Sementara di bidang kesehatan, pihaknya telah menganggarkan Rp125 miliar untuk menuntaskan pembangunan Rumah Sakit Talaga serta rehabilitasi puskesmas dan menyediakan alat kesehatan.

AYO BACA: Lestarikan Satwa Endemik, 120 Ribu Benih Ikan Ditebar di Sungai Cisanggarung

Dalam mewujudkan kemandirian desa menuju Desa Raharja maka dibentuk program Padat Karya, Program TNI Bakti Desa Mandir, TMKS, Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa, Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat.

”Dan Alhamdulillah berkat dukungan masyarakat dan kinerja ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Majalengka, maka selama dua tahun ini kita telah meraih penghargaan sebanyak 39 di tingkat nasional,” kata dia.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar