bank bjb
  

Samsat Drive Thru, Bayar Pajak di Kecamatan Ini Tak Perlu Lagi Turun dari Kendaraan

  Senin, 07 Juni 2021   Erika Lia
Samsat Drive Thru, Bayar Pajak di Kecamatan Ini Tak Perlu Lagi Turun dari Kendaraan
Bupati Indramayu, Nina Agustina (berdiri, tengah) mengawasi pelaksanaan pembayaran pajak kendaraan oleh seorang pengendara sepeda motor (tengah, mengenakan helm) melalui Samsat Drive Thru yang diluncurkan di Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu.(Istimewa)

INDRAMAYU, AYOCIREBON.COM- Layanan Samsat Drive Thru (lantatur) diluncurkan di Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Senin, 7 Juni 2021.

Layanan ini tersedia di kantor kecamatan setempat. Masyarakat yang hendak membayar pajak kendaraan pun dapat langsung mendatanginya.

Bupati Indramayu, Nina Agustina menyebut, kehadiran Samsat Drive Thru di sana untuk mendekatkan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bagi warga Haurgeulis dan sekitarnya.

"Kelebihannya mulai dari efektivitas dan efisiensi waktu, pelayanan, kemudahan pembayaran, akuntabilitas keuangan, transparansi biaya dan persyaratan, sampai jaminan kepastian pelayanan," tutur Nina.

Dengan kemudahan itu, diharapkan tak lagi membuat masyarakat malas membayar pajak kendaraan dengan alasan jarak.

"Wajib pajak cukup langsung datang ke Samsat Drive Thru Haurgeulis dengan membawa persyaratan dan menuju loket, tanpa harus turun dari kendaraan," terangnya.

Selain itu, keberadaan Samsat Drive Thru pula dipandang dapat menghilangkan tindak kecurangan, baik oleh para calo atau lainnya.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat, Hening Widiatmoko dalam kesempatan itu menjelaskan, Samsat Drive Thru merupakan program inovasi bersama Polri untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.

"Bapenda Jabar telah membuat perjanjian kerja dengan bupati/wali kota dalam sinergitas pemungutan pajak kendaraan bermotor dan PBB, serta program Inovasi Samsat Drive Thru yang menjadi bagian program Kapolri," bebernya.

Samsat Drive Thru sendiri memiliki konsep teknologi informasi (TI).

Dia meyakini, kehadiran Samsat Drive Thru akan segera dimanfaatkan masyarakat wajib pajak yang telah patuh membayar pajak kendaraan bermotor.

Di sisi lain, kehadiran layanan itu pula diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan mendorong wajib pajak yang belum patuh.

"Perlu disosialisasikan Pemkab Indramayu melalui kolaborasi antara camat dengan unsur samsat, kepolisian dan Jasa Raharja," cetusnya.(erika lia)


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar