Yamaha

Daftar 20 iPhone dengan Pembaruan iOS 15, Cek Fitur Barunya

  Selasa, 08 Juni 2021   Redaksi AyoBandung.Com
CEO Apple, Tim Cook, dalam ajang WWDC 2021, Selasa, 8 Juni 2021, WIB. (dok. Apple)

SUMBER, AYOCIREBON.COM -- Apple baru saja mengumumkan sistem operasi iOS 15 versi baru untuk lini perangkat iPhone lewat acara Apple Worldwide Developer Conference (WWDC), Selasa, 8 Juni 2021, dini hari. Mengutip Techradar, Selasa, 8 Juni 2021, iOS 15 ini bukanlah sistem operasi tahap final, melainkan masih versi developer beta.

Apple akan menyediakan versi beta publik pada Juli yang kemudian dikenalkan versi final pada September mendatang, bersamaan dengan peluncuran iPhone 13. Berikut daftar lengkap iPhone dengan iOS 15, dinukil dari Suara.com, jaringan Ayocirebon.com:

  1. iPhone 12
  2. iPhone 12 mini
  3. iPhone 12 Pro
  4. iPhone 12 Pro Max
  5. iPhone 11
  6. iPhone 11 Pro
  7. iPhone 11 Pro Max
  8. iPhone XS
  9. iPhone XS Max
  10. iPhone XR
  11. iPhone X
  12. iPhone 8
  13. iPhone 8 Plus
  14. iPhone 7
  15. iPhone 7 Plus
  16. iPhone 6s
  17. iPhone 6s Plus
  18. iPhone SE (1st generation)
  19. iPhone SE (2nd generation)
  20. iPod touch (7th generation)

Sistem operasi iOS 15 disebut tidak jauh berbeda dengan iOS 14 yang dihadirkan tahun lalu. Berikut fitur-fitur yang ada di iOS 15:

FaceTime

Salah satu yang dihadirkan adalah fitur Spatial Audio yang memberikan pengalaman seperti mendengarkan audio 3D. Fitur ini membuat suara yang didengar seolah menghadirkan lawan bicara seruangan dengan pengguna.

FaceTime juga dibuat lebih baik dengan adanya Wide Spectrum, di mana platform akan lebih fokus pada pengguna dan lingkungan di sekitarnya.

Ada juga Grid View untuk panggilan grup, selain Mode Portrait yang masuk ke aplikasi. Mode ini akan membuat background menjadi blur dan membuat tampilan lebih fokus ke pengguna.

Lalu ada link FaceTime untuk mengundang pengguna lain, mirip dengan link Google Meet atau Zoom. Kemudian ada SharePlay untuk membagikan musik atau menonton film bareng saat panggilan bersama di FaceTime.

SharePlay juga bisa diperluas ke Apple TV dan beberapa aplikasi non Apple seperti Disney+, Twitch, ESPN, hingga TikTok.

Messages

AYO BACA : Bocoran Render dan Spesifikasi Samsung A22 yang Segera Dirilis

Group chat di Messages kini bisa menghadirkan kolase untuk menampilkan gambar lebih mudah. Kemudian ada Share with You di aplikasi News untuk membagikan tautan yang bisa dikirim ke Messages, yang juga tersedia di aplikasi lain seperti Safari atau Music.

Lalu ada status yang mirip dengan WhatsApp dan aplikasi perpesanan lainnya.

17895-fitur-baru-ios-15-imessage

Fitur baru iOS 15, Message. (dok. Apple)

Notifikasi

Fitur ini hadir dengan tampilan lebih baik yang menggantikan Notification Center. Fitur Don't Distub misalnya, untuk membantu pengguna lebih fokus saat melakukan tugas lain dan ditampilkan untuk teman maupun keluarga.

Kemudian ada Focus yang merekomendasikan beberapa hal baru, tergantung pada calendar ataupun lokasi perangkat. Lalu Intelligence yang menampilkan saran seperti di Asisten Apple, Siri.

Live Text

Fitur ini memungkinkan pengguna dapat mengambil teks yang ada di dalam foto dan menyalin ke bentuk dokumen ataupun menerjemahkan langsung. Fitur ini mirip dengan Google Lens yang muncul di perangkat Android.

Photos

51280-fitur-baru-ios-15-photos
Fitur baru iOS 15, Photos. (dok. Apple)

AYO BACA : Samsung Hadapi Gugatan Serius Terkait Kamera Galaxy S20

Photos kini muncul di saran Spotlight, jadi pengguna dapat mencari seseorang secara khusus dari foto yang baru saja diambil. Ada juga peningkatan yang disebut Memories, di mana fitur ini memiliki tayangan berbentuk slide dan carousel, bahkan juga menampilkan musik yang pernah diputar pengguna.

Wallet

Wallet kini memungkinkan pengguna membuka kunci mobil atau membuka bagasi. Ada juga kemampuan untuk memasuki tempat kerja, rumah, hingga Hotel seperti Hyatt.

Kartu identitas seperti SIM juga dapat dilihat di Wallet. Namun ini masih berlaku untuk pengguna di Amerika Serikat.

Weather

Aplikasi cuaca tersebut kini didesain ulang dengan menampilkan cuaca lebih detail dan akurat, serta menampilkan peta dengan resolusi tinggi untuk melihat kondisi cuaca di sekitar pengguna.

Maps

Aplikasi ini menambahkan beberapa detail baru untuk distrik hingga bangunan komersial. Ketinggian dan skema warna juga lebih segar, dengan landmark yang lebih disorot.

39051-fitur-baru-ios-15-maps
Fitur baru iOS 15, Maps. (dok. Apple)

Pengemudi kini mendapatkan tampilan lebih halus ketika menggunakan aplikasi untuk pindah dari satu tempat ke tempat lain, membuatnya lebih mudah untuk melihat perempatan jalan ataupun kondisi lalu lintas di sekitar.

Maps juga menambahkan lokasi favorit sebagai rute transit untuk memastikan perjalanan dan menentukan rute penghentian berikutnya.

Widget

Widget kini bisa menambahkan beberapa fitur seperti Find My, Game Center, App Store Today, Sleep, Mail, dan lainnya.

Safari

Safari kini telah didesain ulang sekaligus menambahkan ekstensi browser yang sebelumnya ada di macOS ke iPhone.

AYO BACA : Samsung Keluarkan HP Anti Air, Harga Rp 4 Jutaan


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar