bank bjb
  
Yamaha

Fakta-fakta Jerinx SID Bebas Penjara: Janji Kritis dan Upacara Melukat

  Selasa, 08 Juni 2021   Suara.com
Fakta-fakta Jerinx SID Bebas Penjara: Janji Kritis dan Upacara Melukat
Jerinx SID dan istri Nora Alexandra. (Instagram)

BADUNG, AYOCIREBON.COM -- Musisi sekaligus aktivis, Jerinx SID resmi bebas dari penjara setelah menjalani masa tahanan di Lapas Kerobokan Bali pada Selasa, 8 Juni 2021. Dia sebelumnya berseteru dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dengan menyebut mereka "IDI Kacung WHO".

Banyak cerita saat drummer SID itu bebas. Berikut Ayocirebon.com sajikan fakta-faktanya, dirangkum dari Suara.com:

Tak Menengok Belakang Saat Keluar Penjara

Setelah bebas, Jerinx SID menjalani mitos larangan napi menengok ke belakang begitu keluar penjara. Sebab itu, I Made Ari Astina, nama asli Jerinx SID bungkam saat keluar dari Lapas Kelas II A Kerobokan.

Sikap yang sama umumnya juga dilakukan napi-napi yang telah bebas dari penjara. Sikap itu diduga dikarenakan mitos mistis di kalangan penghuni lapas.

Kuasa Hukum Jerinx SID, Wayan Gendo Suardana mengatakan dia telah menyarankan Jerinx SID untuk memberi komentar kepada awak media, namun tak dilakukan.

"Ada mitos, saat keluar napi tidak boleh nengok ke ke belakang. JRX takut tidak kontrol saat menjawab pertanyaan, dia langsung masuk dalam mobil," tuturnya bersama awak media seusai wawancara di depan Lapas Kerobokan.

Mitos itu diyakini banyak napi yang pernah mendekam di Lapas Kerobokan. Menurut mitos, setiap napi yang bebas dari lapas seolah-olah ada suara yang memanggilnya dari belakang yang menahan langkah napi keluar.

Hal unik lainnya yang menjadi mitos di dalam penjara yakni pakaian yang digunakan selama ditahan tidak dikenakan lagi.

Jerinx SID Tetap Kritis

Meski bungkam saat keluar penjara, suami Nora Alexandra itu tetap akan menjadi pribadi kritis. Namun lebih berhati-hati.

"Dia akan tetap kritis tapi dia akan menggunakan cara-cara yang menjauhkan dia dari jeratan hukum ITE," kata I Wayan Gendo Suardana.

Ditambahkan Wayan, sejak awal laki-laki 44 tahun itu konsisten membantu orang susah. Tak ada alasan bagi Jerinx SID untuk berhenti memperjuangkan nasib rakyat kecil.

"Kalau itu Jerinx memang menyampaikan bahwa dari awal juga Jerinx berkeyakinan, bahwa apa yang dia lakukan itu adalah suara-suara publik yang selama ini tidak tersampaikan," ujarnya.

Menurut Wayan, kepedulian Jerinx terhadap rakyat kecil sudah dibuktikan dalam persidangan beberapa waktu lalu.

"Dan itu bisa dibuktikan di depan persidangan khususnya terhadap nasib ibu-ibu hamil yang kesulitan melahirkan karena rapid test dan bayi-bayi yang jadi korban. Nah karena dia berkeyakinan bahwa ini untuk kepentingan publik," katanya.

Jalani Prosesi Melukat

Setelah menghirup udara bebas, Jerinx dan sang istri Nora Alexandra menjalani prosesi khusus. Dalam unggahan instagramnya, Jerinx diketahui menjalankan prosesi melukat.

Tampak di video tersebut, Jerinx dan Nora menjalani melukat yang nampak berupa siraman air suci. Keduanya pun tampak hanya menggunakan kain batik.

Jerinx menggunakan kain batik sebatas perut hingga lutut, sedangkan Nora menggunakan kain batik dari bagian dada hingga ke bawah.

Video itu nampak Jerinx membantu sang istri tercintanya mengikat kain di bagian belakang. 

Ia pun serius membantu sang istri mengikat kain tersebut. Lalu keduanya berdiri berdampingan, sehingga menerima siraman air suci.

Dia menuliskan keterangan fotonya tersebut dengan kalimat setelah 10 tahun sang istri menanti, maka saatnya ia yang memberi dengkul yang dilengkapi dengan tanda bercanda.

"Setelah dia setia menanti 10 bulan, kini giliranku memberinya dengkul, tulisnya.

Dikatakan Jerinx, ia pun menjalankan prosesi melukat. Yakni sebuah proses pembersihan diri dari energi negatif atau gelap. Prosesi ini ternyata bisa juga dilakukan oleh umat agama apapun.

"Melukat adalah prosesi pembersihan diri dari energi negatif/gelap dan bisa dilakukan oleh umat agama apapun," tulisnya.

Melukat diyakini sebagai sebuah tradisi masyarakat Bali.

Sumpah Nora Alexandra Terbukti Benar

Nora Alexandra membuktikan sumpahnya terkait sang suami, Jerinx Superman Is Dead (SID) bukan sekadar omong kosong belaka. Sebelumnya dia ramai diduga akan menggugat cerai lantaran Jerinx SID di penjara.

Tapi nyatanya tuduhan itu terbukti salah. Nora Alexandra masih berada di sisi suaminya sampai Jerinx SID dinyatakan bebas.

"Aku sesuai omongan dan sumpahku. Sudah lunas menemani Jerinx sampai dia bebas. Dah gitu aja," kata Nora Alexandra di Instagram Story pada Senin.

Tak cuma itu, dia juga mengingatkan bahwa kasus drummer SID itu tidak ada sangkutpautnya dengan dirinya. Sedari dulu, Jerinx SID memang dikenal sebagai sosok kritis.

"Next jangan salah-salahin Nora, Jerinx pernah masuk bui yah. Ditekankan kalau Jerinx dari sebelum kenal, pacaran, tunangan, nikah sama Nora memang pribadinya keras dan kritis," ungkap Nora Alexandra.

"So baik-baik bawa mulut jangan main salah-salahin aku. Punya malu dikit, kalau nggak tahu apa-apa diam daripada dosa menduga-duga orang," sambungnya lagi.

Fans Sambut Bebasnya Jerinx SID Lewat Medsos

Demi menghindari kerumunan, Jerinx SID tak dijemput oleh simpatisan atau penggemar saat bebas dari lapas Kerobokan.

Para penggemar melakukan penyambutan secara virtual dengan menggaungkan hastag #welcomehomejrxsid. Hal itu diungkap oleh kuasa I Wayan Gendo Suardana.

"Kalau untuk para fans dan simpatisan mereka memang tidak menjemput langsung di lapas. Mereka melakukan penyambutan virtual dengan membuat hastag #welcomehomejrxsid," kata Wayan.

Kasus Jerinx SID

Jerinx SID hari ini bebas dari Lapas kelas II A Kerobokan, Bali. Dia sebelumnya divonis bersalah dengan hukuman 14 bulan penjara terkait kasus "IDI Kacung WHO".

Vonis ini lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Mereka menuntut Jerinx SID tiga tahun penjara dan denda Rp 10 juta atau subsider tiga bulan penjara.

Kasus ini sendiri berawal saat ketua IDI Bali, I Gede Putra Suteja melaporkan Jerinx SID ke Polda Bali atas dugaan ujaran kebencian dan pencemaran nama baik pada 16 Juni 2020, dengan nomor laporan LP/263/VI/2020/Bali/SPKT.

Jerinx SID dijerat dengan Pasal 28 Ayat 2 dan Pasal 45 Ayat 1 Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE) juncto Pasal 64 Ayat 1 KUHP.

Jerinx SID sebelumnya kedapatan mengunggah tulisan di Instagram dengan menyebut "IDI Kacung WHO" yang disertai emoji kepala babi.

Dia telah mengakui secara sadar membuat unggahan itu sebagai bentuk kritik. Dia juga sudah meminta maaf.


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar