Yamaha

Mengenal Penny Farthing, Sepeda Unik Dengan Roda Raksasa

  Rabu, 09 Juni 2021   Handy Dannu Wijaya
Mengenal Penny Farthing, Sepeda Unik Dengan Roda Raksasa

Ayocirebon.com - Penny Farthing adalah sepeda yg pertama dibuat tahun 1880an di negeri eropa dengan bentuk yang unik dan berebeda dengan sepeda pada umumnya. Dengan ukuran roda depan yang besar dan sadel yang tinggi membuat sepeda ini tidak sembarang orang bisa menggunakannya. Sepeda unik ini dibuat demi gengsi karena posisi sepeda ini lebih tinggi dari sepeda pada umumnya. 

Sehingga pengendara dan pemiliknya terlihat lebih berwibawa karena posisi duduknya lebih tinggi dari yang lainnya. Tetapi disamping keunikannya, resiko akan tingkat kecelakaannya juga lebih tinggi. Karena posisi yang tidak normal membuat pengendaranya sulit menapakkan kaki dan turun ketanah untuk memijak dan turun. Terbukti pada eranya, sepeda ini memiliki usia yang relatif pendek. 

Tetapi sepeda ini masih kerap kali dipakai di Eropa untuk event dan acara tertentu seperti grandprix penny farthing di eropa.

Penny Farthing

Di Indonesia sendiri sepeda Penny Farthing ini bisa ditemukan pada komunitas sepeda antik dan sepeda tua. Salah satunya adalah komunitas sepeda tua Indonesia atau KOSTI Cirebon. Karena mahalnya sepeda penny farthing asli ini, pengrajin lokal Indonesia mulai membuat sepeda unik ini dengan dimensi yg hampir sama dan bentuk yang identik dengan sepeda aslinya dengan sepeda Eropa.

penghargaan

Selain itu, KOSTI perwakilan Semarang mendapatkan apresiasi dari Lembaga Prestasi Indonesia - Dunia sebagai penyelenggara rekor parade sepeda Penny Farthing pertama di Indonesia yang diadakan pada 6 Juni 2021 silam. Dengan momen ini diharapkan semakin banyaknya pecinta sepeda unik dan antik di Indonesia. 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar