Yamaha

Pengumuman Peserta yang Lolos Kartu Prakerja Gelombang 17, Begini Cara Cek

  Jumat, 11 Juni 2021   M Naufal Hafizh
Pengumuman Lolos Prakerja Gelombang 17

AYOCIREBON.COM – Pengumuman kartu prakerja gelombang 17 dilakukan dengan 2 cara, pertama melalui dashboard, kedua melalui SMS. Karena itu, penting agar tidak melakukan hal-hal kecil yang membuat Anda gagal mendapatkan dana dari program ini.

Pengumuman seleksi kartu prakerja gelombang 17 akan disampaikan lewat SMS ke nomor yang terdaftar pada akun Prakerja.

“Peserta yang lolos akan mendapat SMS pemberitahuan ke nomor yang terdaftar pada akun Prakerja milik Sobat! Pastikan nomor tersebut aktif dan jangan mengganti nomor HP,” tulis akun Instagram resmi prakerja @prakerja.go.id, Selasa, 8 Juni 2021.

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja resmi mengumumkan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 17 ditutup pada Senin, 7 Juni 2021.

Saat menunggu Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 17, ada hal yang tidak boleh Anda lakukan. Anda tidak boleh mengganti atau menonaktifkan nomor yang didaftarkan pada akun prakerja. Setidaknya, nomor tersebut harus aktif sampai batas pengumuman prakerja gelombang 17.

Karena itu, pastikan nomor tersebut selalu aktif setidaknya 6 bulan ke depan.

“Pastikan Sobat tetap menggunakan nomor HP tersebut, ya,” tulis akun @prakerja.go.id.

Bagi yang sudah menerima SMS pemberitahuan sebagai penerima Kartu Prakerja Gelombang 17, berikut ini langkah mengikuti pelatihan dengan Kartu Prakerja

  1. Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia
  2. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia
  3. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu
  4. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja
  5. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima SMS pengumuman. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut
  6. Bantuan Kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk kartu fisik. Penerima akan mendapatkan Nomor Kartu Prakerja yang dapat digunakan untuk membeli pelatihan. Karena itu, jaga kerahasiaan Nomor Kartu Prakerja milik kamu.

Merujuk situs resmi prakerja.go.id, pengumuman kartu prakerja disampaikan melalui 2 cara. Cara pertama, peserta yang lolos akan menerima SMS kelolosan. Cara kedua, peserta yang lolos akan dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard.

“Pada tanggal pengumuman seleksi Gelombang, login ke akun kamu, lalu cek dashboard kamu. Jika lolos seleksi gelombang, kamu juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS. Kamu juga dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun kamu. Pastikan kamu telah menonton 3 video tentang Kartu Prakerja untuk dapat melihat nomor Kartu Prakerja kamu. Jika tidak lolos, kamu akan mendapatkan notifikasi pada dasboard akun Kartu Prakerja kamu,” demikian dikutip dari situs prakerja.

AYO BACA : Catat! Info Jadwal Pembukaan Gelombang 18 Prakerja 2021

Sementara itu, jika tidak lolos, akan ada notifikasi “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard akun prakerja.

KARTU PRAKERJA GELOMBANG 17: Ini Kelompok Warga yang Pasti Gagal

Berikut ini contoh tampilan dashboard peserta kartu prakerja gelombang 17 yang lolos seleksi:

Penyebab Tidak Lolos Kartu Prakerja Gelombang 17

Kekinian, Anda bisa mengetahui penyebab tidak lolos kartu prakerja gelombang 17. Hal itu akan disampaikan langsung melalui dashboard kartu prakerja.

Berikut ini contoh tampilan penyebab Anda gagal lolos kartu prakerja gelombang 17.

Ada sejumlah hal yang bisa jadi penyebab tidak lolos kartu Prakerja Gelombang 17, antara lain karena tidak memenuhi persyaratan atau melanggar persyaratan yang ada.

Di tahun 2021, ada penambahan persyaratan bagi masyarakat yang akan mendaftar dan lolos menjadi penerima insentif sebesar Rp3,55 juta itu.

Tambahan syarat tersebut berupa syarat bahwa yang bersangkutan bukan merupakan penerima bantuan sosial (bansos) pemerintah antara lain bansos dari Kementerian Sosial (DTKS), BSU, dan BPUM.

“Penerima Kartu Prakerja di tahun 2020 juga tidak dapat lagi mendaftar,” kata Airlangga dalam konferensi persnya, Selasa (23/2/2021).

AYO BACA : Cara Pencairan Insentif Prakerja Gelombang 17 yang Sudah Lolos

Adapun persyaratan dan ketentuan peserta Kartu Prakerja tahun 2021 antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas (pencari kerja atau penganggur, lulusan baru, korban PHK, pekerja buruh atau karyawan, wirausaha)
  2. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal
  3. Bukan penerima bansos Kemensos (DTKS), BSU, dan BPUM
  4. Bukan TNI/Polri, ASN, Anggota DPR/D, BUMN/D, dan lainnya
  5. Demi pemerataan, setiap KK dibatasi hanya 2 anggota keluarga yang dapat menerima Kartu Prakerja.

Peserta yang lolos dan mendapatkan pengumuman kartu prakerja gelombang 17 ini akan mendapatkan insentif Rp3,55 juta. Perinciannya, Rp1 juta untuk membeli pelatihan (tidak bisa dicairkan), Rp600.000 setiap 4 bulan, dan Rp150 ribu setelah memberikan rating atau survei.

Merujuk pada pengumuman gelombang-gelombang sebelumnya pada 2021, pengumuman kartu prakerja dilakukan 3 hari setelah penutupan.

Adapun penutupan kartu prakerja gelombang 17 dilakukan Senin, 7 Juni 2021. Karena itu, tidak menutup kemungkinan, pengumuman kelolosan kartu prakerja gelombang 17 dilakukan hari ini, Kamis, 10 Juni 2021.

Meski begitu, belum ada pernyataan resmi dari panitia.

Adapun Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menegaskan, pihaknya tidak akan mengumumkan hasil seleksi hingga Rabu kemarin.

Manajemen Pelaksana, kata dia, masih melakukan konsolidasi data dari para pendaftar.

"Termasuk melihat apakah mereka termasuk dalam daftar blacklist atau sudah pernah menerima bantuan sosial lainnya," ujar Louisa kepada awak media, Selasa 8 Juni 2021.

"Saya masih menunggu jumlah mereka yang mendaftar untuk gelombang 17," katanya.

Itulah informasi mengenai prediksi jadwal pengumuman kartu prakerja gelombang 17, cara penyampaian kelolosan, hingga penyebab tidak lolos gelombang tambahan ini.

 

AYO BACA : Pengumuman Gelombang 17, Ini Tanda Kamu Gagal atau Lolos Prakerja 2021


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar