bank bjb
  

Tahun Ajaran Baru, Disdik Kota Cirebon Pertimbangkan Belajar Tatap Muka

  Selasa, 15 Juni 2021   Erika Lia
Tahun Ajaran Baru, Disdik Kota Cirebon Pertimbangkan Belajar Tatap Muka
Kepala Disdik Kota Cirebon, Irawan Wahyono. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM - Sebulan jelang tahun ajaran baru 2021/2022, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon mempertimbangkan pembelajaran tatap muka (PTM). Diketahui, tahun ajaran baru akan dimulai pada 15 Juli 2021.

Kepala Disdik Kota Cirebon, Irawan Wahyono mengungkapkan, rencananya PTM akan diterapkan terbatas. "Kelihatannya (metode) pembelajaran tatap muka terbatas ya," ungkapnya, Selasa, 15 Juni 2021.

Pada PTM terbatas kelak, siswa yang hadir di kelas hanya sebanyak 25% dari jumlah siswa per kelas. Mereka diwajibkan menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

Sementara, sisanya atau 75% akan mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ). PTM terbatas selanjutnya akan dilakoni para siswa secara bergilir.

PJJ sendiri dilaksanakan di lokasi terpisah antara pendidik dan peserta didik. Metode ini diagendakan berlangsung secara interaktif.

Dengan begitu, dibutuhkan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya. 

"Yang daring (PJJ) kita ada alat video conference sehingga siswa dan guru bisa interaksi. Lebih canggih, orang tua juga enggak perlu beli kuota," tuturnya.

Tak hanya video conference, televisi juga dimungkinkan menjadi media lain dalam PJJ yang akan dilaksanakan kelak.

"Hanya kalau televisi 1 arah, siswa mendengarkan saja. Tapi, standar pembelajaran sih tetap," katanya.

PTM terbatas rencananya dilaksanakan di setiap jenjang yang dikelola Disdik Kota Cirebon, mulai tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD), SD, hingga SMP. Sementara, jenjang SMA menjadi kewenangan Disdik Jabar.

"Jadi, secara umum tahun ajaran baru nanti blendid learning (metode belajar yang membaurkan tatap muka dan e-learning)," jelasnya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar