bank bjb
  

Pertebal Imun, Ribuan Paket Sembako Disebar di Kota Cirebon

  Selasa, 15 Juni 2021   Erika Lia
Pertebal Imun, Ribuan Paket Sembako Disebar di Kota Cirebon
Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis (paling kanan) saat berbincang dengan pengemudi ojol yang akan mengantarkan bansos paket sembako bagi 2.175 KPM se-Kota Cirebon.(Ayocirebon.com/Istimewa)

LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COM- Sebanyak 2.175 paket sembako diterima para keluarga penerima manfaat (KPM) di 5 kecamatan se-Kota Cirebon.

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis meyakini bantuan sosial (bansos) itu dapat mempertebal imun tubuh warganya di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai.

Para penerima bansos diklaim merupakan warga yang terdampak Covid-19.

Bersumber dana dari APBD Kota Cirebon 2021, paket sembako itu sendiri meliputi beras premium 10 kg, minyak goreng 1 liter, 10 bungkus mi instan, 1 botol kecap, dan sarden 2 kaleng.

Paket sembako disiapkan Kantor Bulog Cirebon. Sementara, pendistribusian oleh PT Pos Indonesia Cabang Cirebon yang memanfaatkan jasa ojek online (ojol) untuk mengantarkan langsung ke rumah para KPM.

AYO BACA : Selesai di Cirebon dan Majalengka, Alun-alun Jabar Lainnya Dipercantik hingga 2023

Azis berharap, paket sembako yang diberikan dapat membahagiakan warga yang terdampak pandemi.

"Di masa pandemi, kebahagiaan itu penting karena akan meningkatkan imun tubuh," tuturnya saat membuka penyaluran perdana paket sembako di Gudang Bulog Pegambiran, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Selasa, 15 Juni 2021.

Dia mengingatkan publik, Covid-19 masih mewabah sampai kini sejak temuan kasusnya pertama kali di Indonesia pada 2 Maret 2020.

Akibat itu, masih banyak warga yang terdampak pandemi. Kendati demikian, bantuan tak cukup dari pemerintah.

"Di awal pandemi, kesadaran masyarakat membantu sesama tinggi. Kesadaran itu masih dibutuhkan sampai sekarang dan seterusnya," pintanya.

AYO BACA : Covid-19 Varian Alfa, Beta, dan Delta Ditemukan di Jakarta

Harmoni pemerintah, stakeholder lain, hingga komponen masyarakat sendiri diyakininya akan membuat persoalan akibat pandemi teratasi dengan baik.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Cirebon, Santi Rahayu memastikan, para KPM bansos sekarang merupakan keluarga yang belum pernah beroleh bantuan dari pemerintah.

"Kami sudah minta camat dan lurah mendata keluarga yang berhak menerima bantuan, tapi belum pernah menerimanya," jelas mantan Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Cirebon ini.

Ribuan KPM itu sendiri masing-masing terdiri dari 560 KPM dari Kecamatan Kesambi, 489 KPM dari Kecamatan Harjamukti, 438 dari Kecamatan Kejaksan, 361 KPM dari Kecamatan Lemahwungkuk, dan 327 dari Kecamatan Pekalipan.

Pihaknya menargetkan penyaluran berlangsung selama sepekan ke depan. Penyaluran paket akan dilakukan sejumlah 3 kali sepanjang 2021.

Dengan kata lain, selain paket sembako yang didistribusikan kali ini, masih ada 2 penyaluran bansos paket sembako serupa bagi 2.175 KPM tersebut.

"Selama 2021, 2.175 KPM itu menerima 3 kali penyaluran paket sembako. Jadi setelah ini, masih ada 2 kali penyaluran lagi," tandasnya.(erika lia)

AYO BACA : Markis Kido Meninggal Dunia, Berikut Profil Singkatnya


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar