bank bjb
  

Puluhan Santri di Kabupaten Majalengka Terpapar Covid-19

  Selasa, 15 Juni 2021   Erika Lia
Puluhan Santri di Kabupaten Majalengka Terpapar Covid-19
Ilustrasi santri. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

MAJALENGKA, AYOCIREBON.COM -- Sedikitnya 35 santri Pondok Pesantren Al-Qur'aniyah di Kecamatan/Kabupaten Majalengka terpapar Covid-19.

Pihak ponpes sendiri meyakinkan, protokol kesehatan telah diterapkan selama penyelenggaraan pendidikannya.

Pengasuh Ponpes Al-Qur'aniyah Majalengka, KH Yuyus Aspiyudin memastikan, saat ini para santri yang terkonfirmasi Covid-19 tengah menjalani karantina.

"Mereka karantina di beberapa kelas ponpes yang kami siapkan, sebelum dialihkan ke tempat yang disediakan Satgas Penanganan Covid-19 Majalengka," tuturnya, Selasa, 15 Juni 2021.

Dia menjelaskan, selama pandemi, pihaknya menerapkan pembelajaran jarak jauh. Para guru memberikan pelajaran dari rumah, sedangkan santri menerima materi dari ponpes.

"Itu berlaku sampai 2021," cetusnya.

Situasi itu sendiri bermula ketika seorang santri menderita flu. Setelahnya, beberapa santri lain terpapar.

Ketika itu, pihaknya hanya merespon flu yang diderita santri bersangkutan hanyalah flu biasa. Seiring waktu, kekhawatiran merebak dan pihaknya berkoordinasi dengan puskesmas setempat maupun Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka.

Tes Rapid Antigen pun digelar bagi para santri yang flu dan belakangan hasilnya diketahui negatif. Hasil itu ditindaklanjuti dengan tes usap massal.

"Hasilnya, 35 santri menderita Covid-19," ujarnya.

Pihaknya memandang kondisi itu sebagai takdir dan ujian dari Allah SWT. Dia pun memohon doa bagi kesembuhan semua orang pada ponpes tersebut.

"Covid-19 nyata dan ada, semua orang bisa tertular tanpa melihat status sosial," tuturnya.

Pihaknya mengajak khalayak ramai untuk tetap disiplin menerapkan prokes. Para santri yang selama ini menerapkan prokes pun tak menyangka akan terpapar Covid-19.

"Jangan kendor terapkan prokes, santri yang menerapkan prokes saja masih bocor (terpapar), apalagi yang tidak melaksanakan prokes," pungkasnya.

Sementara itu, para penghuni ponpes yang terpapar Covid-19 beroleh bantuan ramuan herbal dari Kodim 0617/Majalengka melalui program Deteksi Lindungi Rakyat Majalengka (Delirama).

Ramuan dimaksud berupa wedang uwuh sereh wangi Sugih Mukti yang diharap dapat menaikkan imun tubuh penderita.

"Kami sambangi ponpes dan membagikan ramuan herbal Wedang Uwuh bagi puluhan santri yang terpapar virus. Ini bentuk ikhtiar agar mereka pulih," ungkap Dandim 0617 Majalengka Letnan Kolonel (Inf) Andik Siswanto.
 
Pihaknya pula mengingatkan warga tetap mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

"Tetap jaga imunitas tubuh masing-masing," pintanya.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar