bank bjb
  

Polisi Gelar Patroli, Sasar Warga Majalengka Tak Bermasker dan Berkerumun

  Rabu, 16 Juni 2021   Redaksi AyoBandung.Com
Polisi Gelar Patroli, Sasar Warga Majalengka Tak Bermasker dan Berkerumun
Polsek Cingambul menegur pengguna jalan yang tidak menggunakan masker dan memberikan masker gratis, Selasa, 15 Juni 2021. (dok. Polres Majalengka)

MAJALENGKA, AYOCIREBON.COM -- Sejumlah polsek di wilayah hukum Polres Majalengka menggelar patroli untuk mengingatkan warga akan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Upaya ini dilakukan mengingat tren kasus Covid-19 sedang naik di sejumlah wilayah.

Sasar Warga Tak Bermasker

Polsek Cingambul melaksanakan Operasi Yustisi dengan membagikan masker gratis dalam rangka Pendisiplinan masyarakat agar mematuhi Protokol Kesehatan serta turunkan angka Covid-19. Selasa, 15 Juni 2021.

Langkah ini menindaklanjuti Instruksi Presiden No.6 Tahun 2020, Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dan Perbup Majalengka No.74 tahun 2020, Dalam Rangka Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Majalengka.

Kegiatan Ops Yustisi ini digelar di sekitar halaman Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka. Petugas terus bergerak melakukan tindakan tegas bagi masyarakat dan pengguna jalan Cingambul yang kedapatan tidak menggunakan masker dengan diberikannya teguran.

"Kemudian pelanggar diberikan masker gratis agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan," ungkap Kapolsek Cingambul Kompol U. Saefudin dalam keterangan resminya.

AYO BACA : Pantura Puluhan Santri di Kabupaten Majalengka Terpapar Covid-19

Selain itu petugas juga menyosialisasikan protokol kesehatan dengan 5M yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menghidari Kerumunan dan Mengurangi bepergian agar masyarakat terhindar dari wabah penyebaran Covid-19. "Hal tersebut merupakan salah satu cara guna untuk memutus mata rantai Penyebaran dan Penularan Virus Covid-19," jelasnya.

Mendatangi Warga Abai Prokes

Personel Polsek Banjaran melaksanakan patroli dengan menyambangi warga untuk mencegah dan menekan laju penyebaran Covid-19, Selasa, 15 Juni 2021.

"Utamakan dalam pengunaan masker, bagi warga masyarakat diimbau agar patuh terhadap protokol kesehatan utamanya dalam pengunaan masker," kata Kapolsek Banjaran AKP Dundun Kusmalyadi.

aa3

Petugas Polsek Banjaran menegur warga yang tak bermasker. (dok. Polres Majalengka)

AYO BACA : Sering Pungut Pungli, Puluhan Juru Parkir Liar Diamankan di Majalengka

Kegiatan dilakukan agar masyarakat agar memiliki kesadaran yang tinggi untuk membiasakan diri selalu memakai masker.

“Kita ketahui bersama bahwa tidak ada yang tahu siapa yang terjangkit virus Corona/Covid-19 pada saat kita bertemu atau berkomunikasi dengan orang lain, karena sampai detik ini masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 masih ada," jelasnya.

AKP Dundun mengatakan, salah satu cara mencegah virus Covid-19 adalah disiplin mematuhi Protokol kesehatan di antaranya disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dan menjauhi kerumunan. "Pencegahan lebih baik dari pada mengobati," tuturnya.

Membubarkan Warga yang Berkerumun

Kanit Binmas Polsek Sukahaji Polres Majalengka AIPTU Cucu Sudrajat beserta anggota menggelar patroli dengan sasaran balap liar di Jalan Sukahaji Kabupaten Majalengka. Selain itu, patroli juga dilakukan di lokasi kerumunan warga dan tempat lain yang berpotensi berkumpulnya masyarakat.

AIPTU Cucu menjelaskan, patroli dilakukan secara dialogis mengajak masyarakat ikut mencegah penyebaran Covid-19. “Apabila kita temukan warga ada yang berkerumun kita beri imbauan. Disampaikan kepada mereka terkait Maklumat Kapolri agar mematuhi kebijakan pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19,” jelasnya.

AIPTU Cucu menambahkan, kegiatan serupa akan terus dilakukan dengan tujuan mampu mengajak masyarakat bersama mencegah penyebaran Covid-19. Harapannya mampu mencegah meluasnya wabah Covid-19 di wilayah hukum Polsek Sukahaji.

Di tempat terpisah, Kapolres Majalengka AKBP Syamsul Huda melalui Kapolsek Sukahaji AKP Dadang Supriadi mengatakan upaya ini dilakukan sebagai tindak lanjut Maklumat Kapolri terkait kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19, yang tujuannya adalah untuk melindungi masyarakat dari resiko penyebaran virus yang semakin hari semakin meluas.

“TNI-Polri, serta Pemerintah akan terus berpatroli mengimbau masyarakat tentang pembatasan beraktivitas di luar rumah, memakai masker dan pola hidup sehat. Tentunya ini dilakukan dengan cara-cara humanis selama masyarakat mau mengikuti dan tidak melawan petugas karena ini untuk kebaikan semua,” Jelas AKP Dadang.

AYO BACA : Selesai di Cirebon dan Majalengka, Alun-alun Jabar Lainnya Dipercantik hingga 2023


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar