bank bjb
  

500 Pekerja Pusat Belanja di Kota Cirebon Disuntik Vaksin Covid-19

  Kamis, 17 Juni 2021   Erika Lia
500 Pekerja Pusat Belanja di Kota Cirebon Disuntik Vaksin Covid-19
Pekerja pusat belanja disuntik vaksin Covid-19 pada vaksinasi tahap 1 bagi para pekerja pusat belanja di Kota Cirebon.(Istimewa)

LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COM- Lebih dari 5.000 pekerja pusat-pusat belanja di Kota Cirebon ditarget disuntik vaksin Covid-19. Sayang jumlah vaksin rupanya terbatas.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Bastijan mengungkapkan, para pekerja di pusat belanja merupakan bagian dari kelompok pekerja publik yang beroleh vaksinasi.

"Sasarannya pekerja di supermarket, mall, minimarket, dan toko modern lain di kota Cirebon sejumlah 5.000 sekian orang," bebernya, Kamis, 17 Juni 2021 di sela vaksinasi tahap 1 bagi pekerja publik di Grage City Mall (GCM).

Jumlah sasaran itu didasarkan pihaknya dari data Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kota Cirebon.

Sayang, pihaknya menghadapi keterbatasan persediaan vaksin. Dari target 5.000 pekerja, vaksinasi sejauh ini baru akan disuntikkan bagi 10% di antaranya atau sekitar 500 pekerja.

"Dari data DPKUKM, target 5.000 orang. Tapi, dari ketersediaan vaksin, kami berikan 10% (bagi pekerja pusat belanja)," ujarnya.

Dari 500 pekerja itu, pihaknya membagi jadwal vaksinasi menjadi 2, salah satunya yang dipusatkan di GCM hari ini dengan target 250 pekerja.

Selain hari ini, vaksinasi berikutnya diagendakan Jumat, 18 Juni 2021, dengan jumlah sasaran sama yang akan dipusatkan di Cirebon Super Block (CSB) Kota Cirebon.

"Pekerja yang disuntik vaksin Kamis ini adalah mereka yang bekerja di mall atau supermarket di sekitar GCM, seperti Lotte Mart, Superindo, Indomaret, Alfamart, Living Plaza, dan Surya Toserba," paparnya.

Sementara, Kepala DPKUKM Maharani Dewi menjelaskan, pekerja pusat belanja harus disuntik vaksin dengan mempertimbangkan risiko pekerjaan mereka yang kerap bertemu dengan banyak orang.

"Jadwal vaksinasi sekarang kan masih untuk lansia dengan target 60%. Tapi, pekerja usaha ini juga penting sebab berhubungan dengan banyak orang," tuturnya.

Meski persediaan vaksin terbatas, pihaknya tetap menargetkan seluruh pekerja pusat belanja disuntik vaksin Covid-19.

"Mungkin nanti setelah vaksinasi untuk lansia selesai seluruhnya," katanya membuka kemungkinan.

Dia memperkirakan vaksinasi tahap 2 bagi pelaku pusat belanja digelar 1 bulan mendatang.

Plt. General Manager Grage Mall dan GCM, Ratu Sukmayani menyebut, dengan keterbatasan persediaan vaksin, pihaknya memprioritaskan bagi pekerja berusia 18 tahun dan berisiko tinggi.

"Pekerja yang lebih sering berinteraksi dengan masyarakat, kami prioritaskan dapat vaksin untuk tahap 1 ini," ujarnya.

Dia pun berharap semua pekerja pusat belanja disuntik vaksin.(erika lia)


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar