bank bjb
  

7 Surga Jalan-jalan di Desa Wisata Cibuntu Kuningan

  Kamis, 17 Juni 2021   Fira Nursyabani
7 Surga Jalan-jalan di Desa Wisata Cibuntu Kuningan
Pemandangan Gunung Ciremai. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

KUNINGAN, AYOCIREBON.COM -- Desa kini tidak hanya identik dengan udaranya yang segar dan asri. Di tangan orang-orang kreatif, desa bisa disulap sebagai destinasi wisata yang mengagumkan, salah satunya Desa Wisata Cibuntu.

Desa Wisata Cibuntu berlokasi di Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Desa Wisata Cibuntu bisa diakses dengan menempuh perjalanan sekitar 40 menit berkendara dari Kota Cirebon

Desa ini menempati urutan kelima Desa Wisata terbaik tingkat ASEAN untuk bidang homestay pada 2016 dan menjadi juara kedua Desa Wisata Terbaik dalam penghargaan bergengsi Community Based Tourism (CBT) pada 2017 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia.

Desa Wisata Cibuntu memberikan paket lengkap wisata untuk pengunjung. Mereka yang datang bisa menikmati wisata alam hingga membeli buah tangan.

Untuk masuk ke desa ini, wisatawan dikenakan biaya Rp5.000 per orang dan harga parkir Rp12.000 untuk motor dan Rp15.000 untuk mobil. Dilansir dari situs resmi Kemenparekraf, berikut tempat-tempat seru yang bisa dikunjungi di Desa Wisata Cibuntu.

1. Pagergunung Campsite

Pengunjung bisa merasakan sensasi berkemah di Pagergunung Campsite. Pilihan paket berkemah dibanderol mulai dari Rp300.000 per orang untuk durasi menginap 2 hari 1 malam dan sudah termasuk fasilitas makan 3 kali.

Selain bisa memandangi indahnya langit berbintang, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas kolam renang, panahan, hingga taman instagrammable untuk berswafoto. Sambil bersantai, pengunjung wajib banget mencicipi secangkir kopi Cibunar Linggajati, kopi khas Gunung Ciremai yang ditanam di ketinggian 800-1.200 mdpl.

AYO BACA : Maksimalkan Layanan, DPMD Kuningan Luncurkan Si Ayu Maju

Jika mau merasakan suasana menginap dan membaur bersama warga setempat, Desa Wisata Cibuntu juga menyediakan homestay yang sudah dilengkapi protokol kesehatan berstandar CHSE. Tersedia sekitar 60 homestay yang bisa dipesan oleh wisatawan melalui Tourist Information Center Desa Wisata Cibuntu. Kisaran harga per kamarnya juga cukup terjangkau, yaitu Rp200.000 per malam.

2. Kaki Gunung Ciremai

egewg
Kaki Gunung Ciremai. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

Di Desa Wisata Cibuntu, pengunjung bisa menikmati pemandangan Gunung Ciremai. Sambil menghirup udara segar, pengunjung juga bisa berjogging atau bersepeda.

Udara bersih yang berasal dari persawahan serta bukit dan pepohonan hijau di sekitar Gunung Ciremai ini dijamin jadi obat ampuh menghilangkan jenuh akan padatnya perkotaan.

3. Kampung Domba

Di kawasan Desa Wisata Cibuntu ada objek wisata seru yang wajib dikunjungi, yaitu Kampung Domba. Dinamakan Kampung Domba, sebab di area ini terdapat peternakan domba. Ada lebih dari 60 kandang domba dan kambing di sini.

Di destinasi yang pas buat wisata edukasi bareng anak-anak ini, pengunjung bisa berinteraksi dan memberi makan domba dan kambingnya.

4. Air Terjun Gongseng

Air Terjun Gongseng ini masuk ke dalam salah satu daftar kunjungan terkenal di Desa Wisata Cibuntu. Selain indah, tepat di bawah air terjun yang tingginya mencapai 20-25 meter ini, terdapat kolam yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk berenang atau sekadar main air.

AYO BACA : Jabar Siaga 1 Covid-19, Hajatan hingga Wisata Dilarang di Kabupaten Kuningan

download-8
Air Terjun Gongseng. (dok. Kemenparekraf)

Ditemani dengan pemandangan masih sangat asri dan dikelilingi tebing yang menjulang tinggi, Air Terjun Gongseng jadi salah satu spot wajib saat ke Desa Wisata Cibuntu. Untuk sampai ke sini, pengunjung hanya perlu melalui jalur trekking selama 5 menit dari tempat parkir.

5. Wisata Offroad Cibuntu

Desa Wisata Cibuntu juga punya Wisata Offroad Cibuntu (WOC) untuk pengunjung yang suka tantangan. Tersedia dua paket offroad yang bisa dipilih sesuai keinginan, yaitu offroad berjarak tempuh 4 km yang dibanderol seharga Rp250.000 per mobil jeep dan offroad dengan jarak tempuh 6 km yang dihargai Rp350000 per mobil jeep. Perjalanan offroad akan mengambil trek perkebunan karet Cibuntu yang luasnya kurang lebih 4 hektare.

download-7
Wisata Offroad Cibuntu. (dok. Kemenparekraf)

Selain offroad, ada pula kegiatan berkeliling perkebunan karet dengan motor ATV yang bisa dinikmati dengan membayar sewa Rp30.000 untuk pemakaian 20 menit. Jika pengunjung datang pada musim durian, tepatnya sekitar bulan Desember-Januari, Wisata Offroad Cibuntu biasanya juga menyediakan wisata durian.

6. Situs Bujal Dayeuh

Wisata sejarah juga tersedia di Desa Wisata Cibuntu, yakni situs cagar budaya. Terdapat Situs Bujal Dayeuh yang merupakan sebuah peninggalan purbakala berupa Peti Kubur Batu yang ditemukan pada 1967 dan berisi kapak genggam.

download-9
Cagar budaya Desa Wisata Cibuntu. (dok. Kemenparekraf)

Kemudian ada pula benda lain seperti kelenting dan kapak genggam dari Situs Saurip Kidul berwarna ati ayam yang ditemukan pada 1972.

7. Pusat Ekraf Cibuntu

Desa Wisata Cibuntu memiliki pusat kerajinan yang menjual banyak produk ekonomi kreatif mulai dari suling, angklung, aneka produk gerabah seperti gentong, teko, dan peralatan masak lainnya, serta ragam miniatur kendaraan, seperti truk, pesawat, dan mobil berbahan kayu.

Tak hanya membeli, pengunjung juga berkesempatan melihat cara pembuatannya. Jadi bisa menambah pengalaman dan wawasan baru.

AYO BACA : Bendungan Kuningan Siap Diresmikan


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar