bank bjb
  

Mitos Malam Jumat, Mulai Dari Menyeramkan Hingga Kesempatan Beribadah

  Kamis, 17 Juni 2021   Handy Dannu Wijaya
Mitos Malam Jumat, Mulai Dari Menyeramkan Hingga Kesempatan Beribadah
Mitos Malam Jumat, Mulai Dari Menyeramkan Hingga Kesempatan Beribadah

AyoCirebon.com - Mitos malam jumat, mulai dari menyeramkan hingga kesempatan beribadah. Indonesia adalah sebuah negara yang terdiri dari banyak budaya. Keanekaragaman budaya itu mempengaruhi persepsi masyarakat mengenai suatu hal termasuk waktu-waktu tertentu. Entah karena memang spesial atau karena alasan lain, salah satu persepsi yang banyak berkembang luas di masyarakat adalah mitos-mitos unik dan menyeramkan yang melekat menjadi mitos malam jumat.

Banyak dari orang indonesia yang beranggapan kalau malam jumat adalah malam yang identik dengan fenomena mistis. Hal ini karena adanya kepercayaan masyarakat kalau pada malam jumat terutama dini hari adalah waktu bagi para makhluk supernatural untuk keluar dan bergentayangan. Saking menyeramkannya mitos malam jumat tersebut, para orang tua seringkali melarang anak-anaknya untuk keluar.

Berikut adalah beberapa mitos terkait malam jumat yang banyak dipercaya di indonesia

1. Malam Yang Menyeramkan

Mitos malam jumat yang paling terkenal adalah konon pada malam ini semua kegiatan mistis dimulai. Masyarakat percaya kalau pada waktu itulah banyak makhluk halus seperti hantu yang keluar dan mengganggu manusia. Pada malam inilah diyakini aktivitas-aktivitas dunia hitam kembali bergerak, misalkan dukun yang mengirim tenung.

Ada juga mitos malam jumat yang mengatakan kalau saat malam jumat, terutama malam jumat kliwon, adalah waktu dimana arwah-arwah leluhur berdatangan kembali pulang ke rumahnya. Karena itu di beberapa daerah yang masih memegang kuat tradisi seringkali ditemukan barang-barang semacam sesajen yang diperuntukan menyambut almarhum

2. Malam Untuk Nasi Qodiran

Berbeda dengan kepercayaan yang beredar luas, mitos malam jumat kliwon di keraton kanoman Cirebon sama sekali tidak memiliki unsur bernuansa seram. Pada malam ini pihak keraton justru menyediakan nasi Qodiran untuk internal keraton dalam rangka memperingati malam yang hanya datang sekali setiap bulan tersebut. Hal ini dikarenakan mereka percaya kalau malam jumat kliwon adalah hari yang paling baik dibanding hari lainnya.

AYO BACA : Kumpulan 5 Doa Spesial Sepanjang Hari Jumat

3. Meninggal di Malam Jumat

Mitos malam jumat lainya yang terkenal adalah konon jika seseorang meninggal di malam jumat, maka makamnya harus dijaga selama 40 hari sebelum ditinggalkan. Mitos ini berhubungan dengan mitos sebelumnya terkait aktivitas ilmu hitam, dimana jasad orang yang meninggal pada malam jumat dikhawatirkan akan dicuri oleh orang-orang yang mensyaratkannya sebagai bahan mendalami ilmu hitam.

4. Mitos Malam Jumat di Luar Negeri

Selain di indonesia, mitos malam jumat juga terkenal di luar negeri. Sebut saja di negara-negara eropa yang notabene lebih modern dengan masyarakatnya yang lebih maju. Masyarakat urban eropa percaya jika malam jumat yang jatuh pada tanggal 13 merupakan tanda akan datangnya kesialan dalam skala besar.

Tidak ada bukti yang menguatkan mitos ini, namun sejarah mencatat kalau telah banyak hal buruk yang terjadi ketika malam jumat jatuh pada tanggal 13. Misalkan saja pada tahun 1940, nazi yang dipimpin hitler berhasil meledakan lima buah bom di istana buckingham, inggris. Pada 1989, virus bernama friday masuk dan menginfeksi komputer-komputer di ibm sehingga menyebabkan kepanikan massal karena seluruh data menjadi terhapus. Dan masih banyak hal-hal buruk yang terjadi seiring dengan malam jumat yang jatuh pada tanggal 13.

5. Malam Untuk Fokus Melakukan Ibadah

Sementara bagi umat muslim, mitos malam jumat yang dipercaya adalah kesempatan yang Allah berikan untuk beribadah. Umat muslim meyakini kalau hari jumat adalah hari terbaik dalam seminggu. Karena itu, umat muslim sangat dianjurkan untuk berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT. Hal ini dikuatkan dengan anjuran nabi yang menyebutkan kalau hari jumat adalah hari yang istimewa dimana ada banyak peristiwa penting yang terjadi. Mulai dari masuk dan keluarnya Nabi Adam dari surga hingga kelak kiamat yang akan terjadi pada hari jumat.

Itulah beberapa kepercayaan yang berkembang di masyarakat seputar mitos malam jumat. Terlepas dari peristiwa apa yang sudah, sedang dan akan terjadi, semua kembali kepada bagaimana masing-masing manusia menyingkapinya.

AYO BACA : Bacaan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Tahajud Latin dan Artinya


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar