bank bjb
  

Pemkab Kuningan dan Perhutani Potensikan Hutan untuk Pariwisata

  Kamis, 17 Juni 2021   Editor
Pemkab Kuningan dan Perhutani Potensikan Hutan untuk Pariwisata
Bupati Kuningan Acep Purnama. (dok. Pemkab Kuningan)

KUNINGAN, AYOCIREBON.COM -- Bupati Kuningan Acep Purnama melakukan penandatangan MoU bersama Adm. Perum Perhutani Kuningan Mamun Mulayadi terkait sosialisasi pengembangan pariwisata dalam kawasan hutan, bertempat di Dapur Boshweze,  Desa Caracas, Kecamatan Cilimus, Kamis, 17 Juni 2021.

Menurut Acep, untuk pengembangan kepariwisataan di kawasan hutan tidak dapat dilakukan oleh salah satu pihak tetapi diperlukan kerjasama antar pihak. Maka, penandatanganan MoU bersama Perhutani, dianggapnya sebagai langkah percepatan pengembangan kepariwisataan tersebut.

AYO BACA: Air Hilang dan Gempa Minor Dikhawatirkan Muncul Saat Gunung Ciremai Dieksplorasi untuk PLTP

“Adanya aset milik Perum Perhutani yang berada di Kabupaten Kuningan ini, agar bisa dimanfaatkan dan dikelola sekaligus sebagai pemberdayaan  untuk menjadikan daerah tujuan wisata," kata Acep, dalam siaran pers.

Acep mengatakan untuk mempotensikan tempat wisata di kawasan hutan diperlukan penataan, namun tetap memperhatikan kenaturalan tempat tersebut. "Sehingga akan menjadi suatu suatu usaha wisata yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, juga sebagai pelestarian alam,” tambah Acep.

Acep menyebutkan, terdapat sejumlah kawasan Perhutani yang tersebar di 29 desa di Kabupaten Kuningan yang bisa dipotensikan, malah dikembangkan sebagai desa wisata. 

AYO BACA: Pemerintah Mesti Tuntas Sosialisasikan Dampak PLTP Gunung Ciremai

Lebih jauh Acep memandang, dalam pengelolaannya nanti, tempat wisata tersebut bisa melibatkan Lembaga Masyarakat Dalam Hutan (LMDH). Lembaga ini, dianggap memiliki peran penting dan strategis dalam pengembangan kepariwisataan di setiap wilayah kelak. 

"Terutama dalam menggerakan komponen masyarakat sekitar yang memiliki potensi wisata, sehingga mereka ikut berpartisipasi mewujudkan pesona wisata Kuningan yang wonderfull, melalui pola pengembangan pariwisata berbasis pemberdayaan masyarakat," ujar Acep.

Dengan pemanfaatan berbagai elemen, Acep yakin Kabupaten Kuningan bisa menjadi daerah tujuan wisata. “Di samping menjaga nilai-nilai sapta pesona, pengembangan SDM tidak kalah penting, inilah yang menjadi tantangan kita bersama, dalam mewujudkan Kuningan sebagai daerah tujuan wisata, infrastruktur, sarana, dan kebijakan yang fokus mengarah pada kepariwisataan,” ujarnya lagi.

AYO BACA: Eksplorasi Panas Bumi di Gunung Ciremai, Khawatir Oknum Eksploitasi Lahan Konservasi 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar