bank bjb
  

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

  Jumat, 18 Juni 2021   Handy Dannu Wijaya
Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat
Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Di Hari Jumat

Ayocirebon.com - Siapa yang suka baca surat Al Kahfi di hari jumat ? Ini dia keutamannya bagi umat muslim. Hari jumat adalah hari yang penuh berkah. Di hari inilah Rasulullah menganjurkan umatnya untuk melakukan kebaikan sebanyak mungkin. Ada banyak peristiwa-peristiwa besar dalam sejarah umat muslim yang terjadi di hari jumat. Mulai dari Nabi Adam dan Siti Hawa yang dikeluarkan dari surga hingga hari kiamat yang nantinya akan terjadi di hari jumat.

Salah satu kebajikan yang sangat Rasullulah anjurkan untuk dilakukan di hari jumat adalah membaca surat Al Kahfi. Al Kahfi adalah nama surat yang berada di urutan ke 18 dalam Alquran. Surat ini memiliki 110 ayat dan merupakan surat makiyah atau diturunkan pada masa nabi Muhammad masih menyiarkan agama islam di Mekkah. 

Surat ini mengadung banyak sekali kisah-kisah yang berisi suri tauladan bagi umat muslim. Mulai dari kisah mengenai ashabul kahfi, yaitu sekelompok pemuda yang melarikan diri dari negerinya karena hendak dibunuh oleh penguasa dzalim negeri tersebut. Demi mempertahankan tauhid yang ada di dalam hati, mereka lalu menyelamatkan diri dan diselamatkan oleh allah dengan ditidurkan di dalam gua selama ratusan tahun.

Dilansir dari Ayosurabaya.com, dalam surat ini juga diceritakan tentang perjalanan Nabi Musa yang berguru pada Nabi Khidir mengenai kesabaran dan ketaatan. Ada pula kisah dua pemilik ladang yang memiliki nasib berbeda setelah diberi cobaan oleh Allah karena cara mereka yang berbeda dalam menghadapi masalah. Kisah terakhir yang ada pada surat ini adalah tentang raja Zulkarnain yang membangun tembok bagi Ya’juj dan Ma’juj, dua bangsa perusak yang pada hari kiamat akan keluar dan meluluh lantakan dunia.

AYO BACA : Membaca Al-Kahfi di hari Jumat bisa Jadi Penghalang Maksiat

Dalam banyak redaksi hadits shahih, disebutkan kalau membaca surat Al-kahfi di hari jumat adalah amalan yang sangat di anjurkan. Dalam kitab Al-Umm karya Muhammad Idris Asyafii menyebutkan kalau nabi Muhammad sangat menyukai surat Al Kahfi yang dibaca pada malam ataupun siang hari jumat. Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi  maka kelak dia akan diselamatkan dari fitnah Dajjal di hari kiamat

Membaca Alquran adalah sebuah kebajikan yang sangat banyak meberikan pahala bagi umat muslim yang melakukannya. Apalagi jika dilakukan pada hari jumat, pahala dan kebaikan itu akan dilipat gandakan oleh Allah swt sampai tidak berhingga. Terkhusus untuk surat Al Kahfi, apalagi jika dibaca pada hari jumat, kelak ketika hari kiamat nanti dia akan diterangi oleh cahaya. Diriwayatkan dari Abu Hasyim bahwasanya nabi pernah berkata yang artinya “barangsiapa yang membaca surah Al Kahfi sebagaimana dia diturunkan, maka sufat Al Kahfi akan menjadi cahaya baginya di hari kiamat

Dalam salah satu hadits Rasulullah SAW bersabda “barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada hari jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai kelangit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat” 

Sebagai manusia biasa, tentunya kita tak bisa lepas dari berbuat dosa. Membaca surat Al Kahfi di hari jumat adalah sebuah rahmat yang Allah berikan bagi hamba-hambanya. Selain karena pahala yang akan dilipat gandakan, seorang muslim yang membaca surat Al Kahfi di hari jumat juga akan diampuni oleh Allah dosa-dosa yang dilakukan antara satu jumat dengan jumat yg lain. Membaca surat Al Kahfi juga akan memberi keridhaan Allah bagi hambanya. Rumah-rumah mereka akan dijaga dari godaan syetan sehingga mereka akan  lebih gemar lagi berbuat kebaikan. Hal ini ada di dalam hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Mughaffal, nabi pernah bersabda bahwa setan tidak akan memasuki sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al Kahfi dan surat al baqarah.

Demikianlah keutamaan surat Al Kahfi yang dibacakan di hari jumat. Dari banyaknya kebajikan yang sudah allah janjikan, sudah sepatutnya kita sebagai umat muslim semakin gemar mengikuti apa yang Rasulullah anjurkan.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar