bank bjb
  

Bappedalitbang: Majalengka Kabupaten Paling Inovatif Kedua di Jabar

  Jumat, 18 Juni 2021   Fira Nursyabani
Bappedalitbang: Majalengka Kabupaten Paling Inovatif Kedua di Jabar
Kepala Bappedalitbang Kabupaten Majalengka Yayan Sumantri. (dok. Pemkab Majalengka)

MAJALENGKA, AYOCIREBON.COM -- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah (​Bappedalitbang) Kabupaten Majalengka Yayan Sumantri mengatakan, pada 2020, Kabupaten Majalengka berada di posisi kedua kota/kabupaten paling inovatif di Jawa Barat (Jabar).

"Sementara itu dalam skala nasional Kabupaten Majalengka mendapat raihan peringkat ke-14 dari 508 kabupaten kota se-Indonesia dengan predikat Kabupaten Sangat Inovatif," ujar Yayan, dalam keterangan resmi, Kamis, 17 Juni 2021.

AYO BACA : Sering Palak Pedagang dan Sopir, Preman Majalengka Diamankan

Dia menjelaskan, hasil itu merupakan buah dari kerja keras Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka setelah mendapat hasil tak memuaskan di tahun sebelumnya. Pada 2019, peringkat indeks inovasi Kabupaten Majalengka ada di posisi ke-322 secara nasional.

"Peringkat tidak inovatif tersebut telah menyadarkan kita bahwa ternyata inovasi-inovasi yang telah Pemda lakukan itu belum terlaporkan secara utuh, menyikapi hal tersebut menjadikan kami untuk bekerja lebih keras lagi," jelasnya.

AYO BACA : 3 Pekan Dirawat di RSJ Marzoeki Mahdi, 24 ODGJ Pulang ke Majalengka

Yayan menambahkan, salah satu aspek yang mendongkrak peringkat indeks inovasi Majalengka adalah ketersediaan Road Map Sistem Inovasi Daerah. Pemkab Majalengka telah mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2021Tentang Road Map Penguatan Sistem Inovasi Daerah Kab.Majalengka Tahun 2021-2023.

Terkait Indeks Inovasi Daerah setidaknya ada 4 model inovasi yang harus dihasilkan yaitu inovasi yang berkaitan dengan pemgembangan E-Goverment, inovasi berkaitan dengan percepatan penanganan Covid-19, inovasi yang berkaitan dengan penaggulangan kemiskinan, dan inovasi berkaitan dengan pengembangan pariwisata.

Diketahui, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Litbang setiap tahun menggelar Innovative Goverment Award (IGA) sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap inovasi pemerintah daerah. Selain mendapatkan penghargaan berupa sertifikat, 10 daerah terinovatif juga mendapatkan dana insentif daerah (DID).

AYO BACA : Cek Tarif Baru dan Alur Uji RT-PCR RSUD Majalengka


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar