bank bjb
  

UNTUK.INDONESIA, Kolaborasi Para Penggerak Perubahan

  Jumat, 18 Juni 2021   Fira Nursyabani
UNTUK.INDONESIA, Kolaborasi Para Penggerak Perubahan
Founder Ganara Art Space, Tita Djumaryo. (Ayocirebon.com/Fira Nursyabani)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Indonesia merupakan negara besar yang memiliki potensi sekaligus tantangan luar biasa untuk mendukung kesejahteraan masyarakatnya. Berawal dari kesadaran ini, terbentuklah program UNTUK.INDONESIA.

UNTUK.INDONESIA merupakan inisiasi kolaboratif Paragon Technology and Innovation (Paragon), Ganara Mariberbagi Seni (GanaraArt) dan Pemimpin Indonesia (Pemimpin.id) bersama konsorsium Rumah Wijaya untuk menggerakkan perubahan baik di tengah masyarakat.

Perubahan tersebut dilakukan melalui peningkatan kapasitas kreativitas, kepemimpinan, serta inklusivitas yang inovatif dan  berkesinambungan. 

Founder Ganara Art Space, Tita Djumaryo mengatakan, UNTUK.INDONESIA akan  mengadakan roadshow ke Bandung, Jakarta, Solo, Semarang, Yogyakarta, Surabaya,  Malang, Banyuwangi, dan Bali. Dalam roadshow ini, akan ada pelatihan kreativitas dan kepemimpinan sebagai bentuk peningkatan kapasitas bagi komunitas lokal serta jurnalis.

“Perubahan Sosial yang didirikan sejak 2014 oleh Ganara.Art kami percaya bahwa semua anak Indonesia berhak mendapat kesempatan untuk mengekspresikan diri dan diapresiasi, yang dapat diperoleh lewat seni,” ujar Tita.

Ia menjelaskan, 35.000 anak dan guru di berbagai daerah di Indonesia telah berkegiatan seni bersama, seperti di Jakarta, Bogor, Tangerang, Yogyakarta, Makassar, Bandung, Gowa, Bogor, Depok, dan beberapa pulau di wilayah Maluku. 

Program utama yang dilakukan oleh Ganara Art, kata dia, adalah “Art For Change” atau Berpikir Kritis dan Inklusi Sosial Melalui Seni. Program ini menargetkan siswa sekolah menengah.

“Kurikulum Art for Change menekankan pada diskusi dan interpretasi seni,” tuturnya.

Kurikulum ini menggunakan seni sebagai pengaturan netral untuk menyatukan siswa dari pandangan berbeda yang memungkinkan adanya percakapan tentang isu-isu sensitif, mempromosikan keragaman, dan inklusi sosial.

Selain itu terdapat juga Program Kewarganegaraan Digital untuk siswa sekolah dasar pada 2019-2020, dan Perempuan Maju Digital, yaitu rangkaian program pengembangan bagi perempuan pemilik usaha rintisan untuk memajukan usaha/ide bisnis dengan memaksimalkan penggunaan teknologi dan keterampilan kreatif. 

Terinspirasi dari cerita Rumah Peneleh milik HOS Tjokroaminoto tempat pemimpin-pemimpin bangsa tinggal dan tumbuh. Pemimpin.id memiliki harapan untuk bisa menjadi rumah belajar para pemimpin guna membuat ekosistem kepemimpinan Indonesia lebih baik.

Dengan visi membentuk ekosistem kepemimpinan Indonesia yang menumbuhkan, bersinergi, dan mendidik. Pemimpin.id sudah memiliki lebih dari 2.000 Alumni Program, 37.000 Peserta Acara, 457 Jejaring Komunitas, dan menginisiasi 4 komunitas, termasuk Wikilead.id yang berfokus pada literasi dan Negarawan yang berfokus pada pengembangan kepemimpinan ASN. 


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar