bank bjb
  

Manfaat Bendungan Kuningan, Acep: Untuk Sawah, PDAM, Penghasil Listrik, dan Wisata

  Jumat, 18 Juni 2021   Editor
Manfaat Bendungan Kuningan, Acep: Untuk Sawah, PDAM, Penghasil Listrik, dan Wisata
Bupati Kuningan Acep Purnama dalam kegiatan doa bersama di lokasi Bendungan Kuningan. (dok. Pemkab Kuningan)

KUNINGAN, AYOCIREBON.COM -- Pemerintah Kabupaten Kuningan mengadakan kegiatan doa bersama di lokasi Bendungan Kuningan, Jumat, 18 Juni 2021. Menurut Bupati Kuningan Acep Purnama, doa bersama sebagai upaya batin sebelum diresmikannya bendungan ini kelak.

“Doa bersama ini adalah sebuah ungkapan syukuran kita atas rencana ini bisa selesai, permohonan kita agar apa yang menjadi maksud dan tujuan kita bisa tercapai, fungsi waduk berfungsi, manfaat yang akan terasa oleh masyarakat luas juga bisa menjadi keberkahan,\" kata Acep, dalam siaran pers.

AYO BACA : PLTP Gunung Ciremai: Kekhawatiran Oknum Makin Leluasa Eksploitasi Lahan Konservasi

Acep mempunyai harapan besar dengan dibangunnya Bendungan Kuningan. Di antaranya bisa memasok air ke area persawahan di daerahnya, lalu bisa dimanfaatkan sebagai sumber air baku bagi PDAM.

Dia juga mengatakan, Bendungan Kuningan ini kelak bisa diberdayakan sebagai tempat penghasil sumber listrik. Di samping itu, dapat dioptimalkan sebagai kawasan wisata di Kabupaten Kuningan dan sekitarnya.

AYO BACA : Dampak PLTP Gunung Ciremai: Air Berpotensi Hilang, Gempa Minor Muncul

“Fungsi bendungan ini dibangun untuk membantu mengairi wilayah-wilayah pesawahan dan juga tetangga kita Brebes. Kita tidak pernah berpikir antara Kuningan dan Brebes, atau antara Jawa Barat dan Jawa Tengah, karena ini program strategis nasional, inilah NKRI,\" ujar Acep.

Dia mengungkapkan, target pembangunan bisa dilakukan sesuai rencana, bahkan diklaimnya tergolong cepat. Menurut dia, itu tak terlepas dari dukungan presiden, jajaran pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada warga desa  yang sudah merelakan lahannya untuk pembangunan bendungan, termasuk warga Desa Kawungsari yang sudah  direlokasi ke Desa Sukarapih.

Acep mengatakan, peresmian Bendungan Kuningan akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo. Setelah peresmiannya nanti, bendungan tersebut akan digenangi air.

AYO BACA : PLTP Gunung Ciremai: Sosialisasi Harus Tuntas Sampai ke Dampak Negatif


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar