bank bjb
  

7 Ide Oleh-oleh Khas Bali untuk Keluarga

  Sabtu, 19 Juni 2021   Editor
7 Ide Oleh-oleh Khas Bali untuk Keluarga
Kopi Kintamani salah satu oleh-oleh Khas Bali

AYOCIREBON.COM--Bali memang jadi salah satu pulau favorit di Indonesia sebagai tujuan liburan murah dan menyenangkan. Tentu saja ketika Anda berkunjung atau berlibur ke pulau ini, rasanya tidak akan terasa lengkap jika tidak membawa oleh-oleh khas Bali untuk keluarga maupun sahabat. 

Nah, oleh-oleh khas Bali yang bisa dibawa pulang terdiri dari ragam makanan dan minuman serta produk fashion, seperti kaos, gelang, sandal etnik dan juga tas rotan. Tenang, makanan khas Bali yang jadi oleh-oleh ini bisa disimpan dalam waktu relatif lama sehingga aman dibeli untuk orang tersayang di rumah. 

Lalu, apa-apa saja yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Bali? Berikut daftarnya untuk Anda!

1. Salak Bali

Akan menjadi kunjungan yang terasa kurang ketika ke Bali tapi tidak menikmati buah asli Pulau Dewata ini yaitu Salak Bali. Salak ini merupakan salah satu salah satu rekomendasi untuk buah tangan dari Bali yang aman untuk dibawa pulang; tidak mudah busuk dan rasanya pun istimewa.

Untuk mendapatkannya Anda bisa mengunjungi agrowisata Abian Salak jika anda ingin mencobanya secara langsung dan belajar bagaimana caranya perawatan salak Bali ini. Tenang saja, buah ini terbilang cukup mudah ditemukan di pasar. Harga buah ini di kisaran Rp 6.000/kilogram untuk jenis salak biasa dan Rp 50.000/kilogram untuk jenis salak gula pasir.

2. Pie Susu

Pie susu juga masuk dalam pilihan makanan yang cukup terkenal sebagai oleh-oleh khas dari Bali. Kue ini memiliki rasa yang manis dan juga enak ini bentuknya mirip dengan pie pada umumnya, namun teksturnya yang rapuh dan lumer saat digigit memberi kesan tersendiri yang membuatnya populer sebagai buah tangan sehabis berkunjung dari Bali.

Pie susu ini bisa Anda dapatkan di Bali dengan harga yang lumayan terjangkau, yaitu kisaran Rp 25.000 sampai dengan Rp 35.000 untuk satu boxnya. Biasanya isi dalam 1 box adalah 10 pcs.

3. Kacang Disco

Makanan khas Bali yang satu ini terbuat dari bahan kacang yang dibalut dengan adonan tepung lalu digoreng hingga kering. Kacang ini punya banyak rasa yang bisa Anda pilih sesuai selera, seperti original, pedas, BBQ dan sebagainya.

Meski terlihat sederhana, tapi kacang disco Bali bisa jadi oleh-oleh favorit yang dicari pengunjung maupun wisatawan yang berlibur ke Bali.

4. Kopi Kintamani

Oleh – oleh berikutnya yang bisa dibawa pulang untuk keluarga adalah kopi Kintamani. Kopi ini memiliki tekstur medium dan juga memiliki rasa lebih lembut dan juga unik. Aroma dari kopi ini juga tidak kalah khas dengan kopi yang lainnya. 

Untuk mendapatkan kopi ini, Anda bisa langsung membelinya di berbagai toko di Bali maupun secara khusus di area Kintamani, Kabupaten Bangli. Harga yang ditawarkan untuk kopi ini adalah dikisaran Rp 60.000 untuk berat 200 gram.

5. Arak Bali

Minuman ini adalah salah satu minuman beralkohol khas Bali yang banyak dicari orang. Arak Bali ini merupakan satu minuman beralkohol dengan kearifan lokal. Rasa dari arak ini agak sedikit unik dengan kadar alkohol bervariasi hingga 40%.

Jika Anda menginginkannya, di Bali tidak akan sulit untuk mendapatkannya. Anda bisa membelinya di Karangasem agar bisa mendapatkan arak Bali dengan memiliki kualitas yang sangat baik. Harga dari minuman khas bali ini di kisaran Rp 25.000-Rp45.000 untuk arak murni (kelas II).

Tapi sebagai catatan, minuman ini perlu dikemas dengan baik dan dimasukkan dalam bagasi tercatat jika Anda pulang ke daerah asal naik pesawat terbang. Perhatikan juga peraturan penerbangan agar arak Bali yang ingin Anda bawa pulang diijinkan untuk dibawa ke pesawat.

6. Kaos Joger

Oleh-oleh berikutnya adalah kategori pakaian khas Bali yang populer sebagai buah tangan, yaitu kaos jogger. Joger sendiri sudah begitu melekat bagi pengunjung yang melakukan liburan di Bali.

Hal unik dari jogger ini adalah tidak dijual secara online. Jadi jika anda ingin baju ini anda harus datang ke Bali untuk langsung mendapatkan merchandise ini. Harganya pun masih bersahabat di kantong jadi Anda Bisa beli beberapa untuk orang-orang di rumah maupun sahabat dekat.

7. Baju Barong

Oleh-oleh khas Bali yang direkomendasikan berikutnya adalah baju Barong dan Anda bisa menemukan baju ini di hampir setiap sudut Bali. Turis mancanegara juga suka sekali baju khas Bali ini. 

Popularitas baju ini cukup tinggi dan pakaian ini telah berhasil menjadi ikon oleh-oleh khas Bali. Harga dari baju ini di kisaran Rp 15.000 dan tersedia warna dan juga ukuran yang bisa Anda sesuaikan.

Nah, sudah ada gambaran kan apa-apa saja yang bisa dijadikan oleh-oleh jika berkunjung ke Bali? Anda bisa memilih mana yang paling aman dibawa pulang ke daerah asal untuk jadi oleh-oleh yang berkesan.

Tapi, sebelum Anda berangkat ke Bali, Anda harus tahu dulu informasi penerbangan ke Bali terbaru di saat pandemi ini. Seperti misalnya syarat apa saja yang harus dipersiapkan ketika akan ke Bali. Jika sudah memahami syarat yang diberlakukan, Anda bisa beli tiket pesawat murah ke Bali melalui Traveloka. Booking hotel untuk tempat menginap di Bali juga bisa lewat Traveloka lho!


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar