bank bjb
  
Yamaha

Bisa Terbakar, Jangan Tinggalkan Benda-benda Ini di Dalam Mobil

  Rabu, 21 Juli 2021   Redaksi AyoBandung.Com
Bisa Terbakar, Jangan Tinggalkan Benda-benda Ini di Dalam Mobil
Ilustrasi. Jangan Tinggalkan Benda-benda Ini di Dalam Mobil. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Ketika bepergian menggunakan mobil dan sampai di lokasi yang dituju, sebagian orang meninggalkan barang-barangnya di dalam kendaraan yang terparkir. Ternyata, ada benda yang tidak boleh ditinggalkan di dalam mobil.

Benda tidak boleh ditinggalkan di dalam mobil dalam waktu lama bisa membuat kondisinya rusak dan bahkan menimbulkan bahaya. Berikut sejumlah barang yang sebaiknya dibawa ketika turun dari mobil, dikutip Republika dari laman Daily Record.

1. Barang elektronik

Meninggalkan benda elektronik di mobil saat hari panas bisa menyebabkan kerusakan perangkat. Panas dapat memengaruhi mekanisme kerjanya, sehingga lebih baik membawanya atau tidak ditinggal dalam waktu lama.

2. Cairan sanitasi tangan (hand sanitizer)

AYO BACA : Cara Mudah Cek Penyekatan dan Pembatasan Jalan di Google Maps

Apabila cairan sanitasi tangan mengandung alkohol, lebih baik tidak ditinggalkan di mobil saat cuaca panas guna mencegah risiko kebakaran. Tidak hanya itu, cuaca panas juga bisa mengurangi efektivitas produk.

3. Korek

Begitu turun dari mobil, banyak perokok meninggalkan korek atau pemantik api di dasbor atau kursi. Padahal, kebiasaan itu bisa memicu bahaya kebakaran. Jauh lebih aman untuk memasukkan korek ke saku celana.

4. Dompet/tas

Dompet dan tas yang ditinggalkan di mobil bisa menarik perhatian pencuri untuk melakukan tindak kriminal. Lebih baik dompet atau tas yang berisi barang berharga selalu dibawa saat turun dari mobil.

5. Obat-obatan

AYO BACA : 10 Mobil Terlaris versi Gaikindo, Mitsubishi Xpander Teratas

Kelembapan dan suhu tinggi pada mobil yang diparkir dalam waktu lama bisa membuat obat-obatan menjadi kurang efektif. Akibatnya, berpotensi menyebabkan situasi yang mengancam jiwa ketika obat-obatan dibutuhkan saat darurat.

6. Kacamata

Lensa kacamata bisa memicu kebakaran jika terpapar sinar matahari, begitu juga bingkai plastiknya dapat meleleh dan melengkung dalam panas. Kacamata berbingkai logam pun bisa menjadi panas.

7. Tabir surya

Bahan aktif dalam tabir surya dapat rusak jika terpapar suhu tinggi saat masih dalam kemasan, sehingga mengurangi efektivitas perlindungan ketika dipakai. Sebaiknya, tabir surya disimpan di tempat yang sejuk dan kering.

8. Make-up

Beberapa produk riasan seperti lipstik berpotensi meleleh pada temperatur di atas suhu kamar. Losion, krim, produk cair dan berbasis minyak juga mudah rusak pada suhu tinggi, jadi sebaiknya tidak ditinggal saat cuaca panas.

Selain itu, masih ada barang lain yang sebaiknya tidak ditinggalkan di kendaraan. Deretan barang itu antara lain lilin, baterai, produk mengandung aerosol, tanaman, makanan, minuman, botol plastik, pakan hewan, dan perlengkapan seni.

Demikian benda yang tidak boleh ditinggalkan di dalam mobil. Jangan sampai lupa!

AYO BACA : Rawat Motor Sport, Konsumen Bisa Cek 9 Komponen Berikut Ini di Rumah


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar