bank bjb
  

Karyawan BUMN Ini Bikin Hoaks Ricuh Pasar Jagasatru Cirebon Demi Viewer Youtube

  Rabu, 21 Juli 2021   Republika.co.id
Karyawan BUMN Ini Bikin Hoaks Ricuh Pasar Jagasatru Cirebon Demi Viewer Youtube
ilustrasi hoaks.

PEKALIPAN, AYOCIREBON.COM -- Seorang pria ditangkap Satreskrim Polres Cirebon Kota karena menyebar berita bohong alias hoask demi konten YouTube. Pria tersebut mengunggah video kericuhan di Pasar Jagasatru. Dalihnya, untuk meningkatkan penonton di akun YouTube miliknya.

"Pelaku mendapat video ricuh salah satu pasar di Aceh, kemudian diunggah agar menarik khalayak ramai bahwa video itu terjadi di Pasar Jagastru, Kota Cirebon," kata Kasat Reskrim Polres Cirebon Kota AKP I Putu Asti Hermawan Sentosa di Cirebon, mengutip Republika, Rabu, 21 Juli 2021.

Pelaku penyebar berita bohong yang ditangkap berinisial ISP (31) merupakan karyawan salah satu BUMN. Penangkapan pelaku bermula karena adanya video viral tentang peristiwa kericuhan di Pasar Jagastru, Kota Cirebon. Konten tersebut mendapat perhatian masyarakat.

Penelusuran tim siber Satreskrim Polres Cirebon Kota menemukan akun pertama yang menyebarkan video tersebut yakni Facebook dan akun Youtube milik pelaku. "Kemudian sehari setelah viral, pelaku langsung diamankan petugas," tuturnya.

Hermawan menjelaskan motif pelaku penyebar berita bohong itu untuk meningkatkan penonton di akun Youtubenya. Dari tangan pelaku disita telepon genggam yang digunakan untuk menyebarkan video tersebut.

"Motif pelaku adalah untuk mengingatkan adsense dari konten yang dia miliki," ucap Hermawan.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat UU Nomor 1/1946 pasal 14 tentang peraturan hukum pidana tentang penyebaran berita bohong yang menyebabkan kegaduhan masyarakat. Pelaku terancam hukuman penjara sekitar 10 tahun.


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar