Keutamaan Surah al Kahfi di Hari Jumat: Terhindar dari Fitnah Dajjal

- Jumat, 4 Februari 2022 | 04:15 WIB
Ilustrasi Keutamaan Surah al Kahfi di Hari Jumat: Terhindar dari Fitnah Dajjal (Unsplash/Georgi Kalaydzhiev)
Ilustrasi Keutamaan Surah al Kahfi di Hari Jumat: Terhindar dari Fitnah Dajjal (Unsplash/Georgi Kalaydzhiev)

AYOCIREBON.COM -- Hari Jumat dalam khazanah dunia islam merupakan hari yang bisa dibilang istimewa. Karena itu, banyak anjuran-anjuran ibadah yang direkomendasikan.

Salah satu anjuran itu ialah dengan membaca surah al Kahfi pada hari Jumat. Bila rutin membaca surat al Kahfi pada hari Jumat, umat Muslim bisa terhindar dari fitnah Dajjal.

Dilansir dari ayomalang.com, salah satu keutamaan yang didapat adalah dengan membaca Surah Al-Kahfi, yang merupakan Surat ke-18 dalam Al-Qur’an yang terdiri atas 110 ayat.

Baca Juga: Materi Khutbah Jumat Singkat Padat: Teguhkan Keyakinan Bahwa Allah Pencipta Segala Sesuatu

Surah al Kahfi ini juga terdapat dalam Al-Qur’an juz 15 dan di awal juz 16. Surah ini juga termasuk dalam golongan Surat Makiyyah atau Surat yang diturunkan di kota Makkah.

Surat al Kahfi merupakan salah satu Surat dalam Al Quran yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan jika umat islam mau mengamalkan maupun membaca bahkan jika mau menghafalnya. Rasulullah SAW pun menganjurkan umatnya untuk membacanya di hari Jumat atau malam Jumat.

Dikutip dari penjelasan Dr. Muhammad Bakar Isma’il dalam Al-fiqh al Wadhih min al Kitab wa al Sunnah mengutarakan, bahwa diantara amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan pada malam dan hari Jumat adalah membaca surah Al-kahfi. (Al-fiqhul Wadhih minal kitab was Sunnah).

Kesempatan membaca surat Al-Kahfi adalah sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis sore sampai terbenamnya matahari pada hari Jum’at.

Baca Juga: Materi Khutbah Jumat Singkat Padat: Larangan Mencaci Agama Lain

Sebenarnya membaca Surat Al Kahfi tidak hanya baik dibaca pada hari Jumat saja melainkan setiap hari. Akan tetapi, memang dianjurkan bahwa sebaiknya Surat Al Kahfi dibaca saat terbenamnya matahari di hari Kamis hingga terbenamnya matahari di hari selanjutnya yakni hari Jumat.

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: AyoMalang.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini