Kisah Islami: 3 Peristiwa Penting dalam Sejarah Peradaban Islam di Bulan Ramadhan

- Jumat, 18 Februari 2022 | 07:15 WIB
Ilustrasi Kisah Islami: 3 Peristiwa Penting dalam Sejarah Peradaban Islam di Bulan Ramadhan (Simon Berger/Unsplash)
Ilustrasi Kisah Islami: 3 Peristiwa Penting dalam Sejarah Peradaban Islam di Bulan Ramadhan (Simon Berger/Unsplash)

AYOCIREBON.COM - Ramadhan bukan hanya bulan penuh kemulian. Ramadhan bukan juga cuma tentang ritual ibadah puasa yang wajib dijalankan seluruh umat Muslim.

Lebih dari itu, Ramadhan punya banyak keistimewaan dalam beragam aspek. Tak terkecuali dalam aspek sejarah peradaban umat Muslim terutama di zaman Rasulullah.

Setidaknya ada 3 peristiwa penting dalam sejarah peradaban Islam yang terjadi di bulan Ramadhan sebagai bagian dari penggalan kisah islami.

Baca Juga: 7 Adab Bertamu dalam Islam, Salah Satunya Dilarang Ngintip!

Semua peristiwa ini ikut berkontribusi bagi pembentukan wajah sejarah Islam di masa lampau yang terus lestari hingga saat ini.

Dilansir dari republika.co.id, berikut ini kisah islami 3 peristiwa penting dalam sejarah peradaban Islam di bulan Ramadhan.

1. Nuzulul Quran

Nuzulul Quran terjadi pada 17 Ramadhan 13 tahun sebelum Hijriyah. Kala itu, Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama di Gua Hira saat Nabi mencapai usia 40 tahun.

Pakar astronomi Syekh Mahmud Basya menuturkan peristiwa Nuzulul Quran bertepatan dengan awal Februari tahun 610 dalam kalender Masehi.

Baca Juga: Nuzulul Quran Diperingati Pada 17 Ramadhan, Mengapa?

Tatkala mendekati masa-masa turunnya wahyu pertama, Nabi Muhammad SAW sangat sering berkhalwat di Gua Hira, menjauh dari manusia dan beribadah khusyu’ selama beberapa hari, bahkan hingga berbulan-bulan.

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini