Kisah Buraq dan 3 Cangkir Minuman yang Ditawarkan Jibril dalam Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

- Selasa, 22 Februari 2022 | 18:35 WIB
Kisah Buraq dan 3 Cangkir Minuman yang Ditawarkan Jibril dalam Isra Miraj Nabi Muhammad SAW (Unsplash/Nouman Younas)
Kisah Buraq dan 3 Cangkir Minuman yang Ditawarkan Jibril dalam Isra Miraj Nabi Muhammad SAW (Unsplash/Nouman Younas)

AYOCIREBON.COM - Pada suatu malam ratusan tahun lampau, ketika Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam sedang tidur di rumah sepupunya Ummu Hani di Makkah, datanglah malaikat Jibril alaihissalam untuk membangunkan baginda nabi.

Disadur dari republika.co.id yang melansir laman aboutislam.net, Jibril menggenggam tangan Nabi Muhammad SAW ke Masjidil Haram. Kemudian dia menemukan seekor binatang lebih kecil dari bagal tapi sedikit lebih besar dari keledai.

Hewan yang berkaki empat, juga memiliki dua sayap dan melayang dengan mudah saat dia bergerak dengan kecepatan yang tak terbayangkan. Itu adalah buraq yang kisahnya masyhur dalam khazanah dunia Islam.

Baca Juga: Materi Khutbah Jumat Singkat Padat: 4 Pelajaran dalam Peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

Deskripsi yang disampaikan sendiri oleh Nabi Muhammad SAW tentang gerakan hewan tersebut adalah bahwa, "ia meletakkan kakinya di titik terjauh ke sisinya".

Dikisahkan Nabi Muhammad dan Jibril lalu bersama-sama mengendarai binatang itu, yang disebut Al Buraq, nama yang berasal dari 'Barq', yang berarti kilat.

Dalam waktu singkat mereka mencapai Yerusalem di Palestina.

Dalam peristiwa Isra Miraj ini, Rasulullah SAW bertemu dengan sejumlah nabi mulia yaitu antara lain Ibrahim, Musa, Isa alaihissalam, dan nabi mulia lainnya dan dia memimpin mereka semua dalam doa.

Baca Juga: Lirik Lagu Sholawat Jibril ‘Shallallahu ala Muhammad’, Lengkap Latin dan Terjemah

Lalu Jibril membawakan tiga cangkir minuman yang satu berisi susu, yang lain berisi anggur, dan yang ketiga berisi air. Rasulullah SAW memilih meminum susu itu.

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Tags

Artikel Terkait

Terkini