Sebelum Isra Miraj, Nabi Muhammad SAW Pernah Shalat?

- Rabu, 23 Februari 2022 | 15:50 WIB
Sebelum Isra Miraj, Nabi Muhammad SAW Pernah Shalat? (Unsplash/Mhrezaa)
Sebelum Isra Miraj, Nabi Muhammad SAW Pernah Shalat? (Unsplash/Mhrezaa)

AYOCIREBON.COM - Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting yang pernah dialami Baginda Nabi Muhammad SAW. Salah satu warisan Isra Miraj yang lestari hingga kini adalah perintah shalat 5 waktu bagi umat Muslim.

Perintah shalat wajib bagi umat Muslim itu pertama kali diberikan Allah SWT pada Nabi Muhammad SAW saat momen Isra Miraj.

Lantas, apakah Nabi Muhammad SAW pernah shalat sebelum Isra Miraj?

Baca Juga: Kisah Buraq dan 3 Cangkir Minuman yang Ditawarkan Jibril dalam Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

Dilansir dari republika.co.id, yang mengutip buku “M Quraish Shihab Menjawab”, kewajiban shalat lima waktu memang ditetapkan Allah ketika Nabi Muhammad SAW melaksanakan Miraj.

Tetapi, menurut Prof Quraish, hal ini tidak berarti bahwa Rasulullah belum melaksanakan shalat sebelum terjadinya peristiwa itu.

Untuk menerangkannya, ada sebuah ayat dalam Al Quran yang mengindikasikan Nabi Muhammad SAW melaksanakan shalat.

Dalam QS al-‘Alaq [96]: 9-10, Allah SWT berfirman: أَرَأَيْتَ الَّذِي يَنْهَىٰ عَبْدًا إِذَا صَلَّىٰ “Bagaimana pendapatmu tentang orang yang melarang seorang hamba ketika dia mengerjakan sholat?".

Baca Juga: Lirik Lagu Sholawat Jibril Shallallahu ala Muhammad Tulisan Latin, Cocok Dilantunkan Saat Perayaan Isra Miraj

Quraish menerangkan, para ulama sepakat menyatakan bahwa seorang hamba yang dilarang dalam ayat tersebut adalah Rasulullah dan yang melarang adalah Abu Jahal.

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini