Keajaiban Isra Miraj: Rupa Jibril Diperlihatkan kepada Rasulullah SAW

- Senin, 10 Januari 2022 | 17:05 WIB
Keajaiban Isra Miraj: Rupa Jibril Diperlihatkan kepada Rasulullah SAW (Unsplash/Tim de Groot)
Keajaiban Isra Miraj: Rupa Jibril Diperlihatkan kepada Rasulullah SAW (Unsplash/Tim de Groot)

AYOCIREBON.COM - Peristiwa Isra Miraj mengandung banyak sekali keajaiban, salah satunya, saat rupa Jibril diperlihatkan kepada Rasulullah SAW.

Dilansir dari republika.co.id, Pakar Tafsir Quran yang juga Dosen Quranic Studies Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ustaz Syahrullah Iskandar menjelaskan kata Sidratul Muntaha disebutkan sekali dalam Alquran yaitu pada surat An Najm ayat 14.

Sidrah berarti sejenis pohon rindang sedangkan Muntaha bermakna tempat terakhir. Secara kebahasaan gabungan keduanya bermakna tumbuhan atau pohon sidrah yang tak terlampaui.

Baca Juga: Tafsir Ibnu Katsir tentang Peristiwa Isra Miraj Rasulullah SAW

"Sidrah memang sejenis pohon yang kita di Indonesia mungkin menyebutnya dengan pohon bidara. Tentu saja, hakikatnya berbeda dengan yang kita ketahui ataupun bayangkan. Keterbatasan pengetahuan manusia tidak akan mampu menjangkau hakikatnya. Dalam sejumlah riwayat digambarkan daunnya lebar dan rindang, dan keindahannya sulit untuk dibahasakan," kata ustaz Syahrullah yang juga pengasuh pesantren Bayt Alquran Jakarta.

"Sejumlah riwayat shahih lainnya menyatakan bahwa Sidratul Muntaha berada di langit ke enam, ada juga yang menyebutnya di langit ketujuh. Alquran tidak menjelaskan secara tegas tentang Sidratul Muntaha ini, kecuali dari sejumlah riwayat shahih tentangnya. Kita harus meyakini bahwa Sidratul Muntaha itu ada, namun mengetahui deskripsi detailnya bukanlah sebuah keharusan."

Imam al-Nawawi menjelaskan alasan penamaan dengan Sidratul Muntaha karena pengetahuan malaikat berakhir sampai di tempat itu, dan tidak ada lagi yang melampauinya kecuali nabi Muhammad SAW. Alquran pun menjelaskan Rasulullah tidak mengalihkan pandangan ke arah yang lain karena menyaksikan keindahan di dalamnya.

Baca Juga: Saat Kaum Kafir Quraisy Bertepuk Tangan Terhadap Kisah Isra Miraj Rasulullah SAW

Ustaz Syahrullah menjelaskan di Sidratul Muntaha terdapat Jannah Ma’wa, sebuah tingkatan surga yang indah nan lengkap tiada tara yang disediakan bagi hamba Allah yang bertakwa.

Ibadah shalat adalah satu-satunya kewajiban kepada Rasulullah secara lisan (musyafahah) langsung di tempat itu. Selain itu di Sidratul Muntaha Rasulullah melihat Jibril dengan rupa aslinya.

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini