Jumlah Rakaat Sholat Tarawih Menurut Beberapa Hadist Mulai dari Imam Bukhari hingga Imam Tirmidzi

- Senin, 28 Maret 2022 | 14:45 WIB
Jumlah Rakaat Sholawat Tarawih Menurut Beberapa Hadist Mulai dari Imam Bukhari hingga Imam Tirmidzi (freepik/rawpixel.com)
Jumlah Rakaat Sholawat Tarawih Menurut Beberapa Hadist Mulai dari Imam Bukhari hingga Imam Tirmidzi (freepik/rawpixel.com)

AYOCIREBON.COM -- Pada bulan Ramadhan, selain melaksanakan puasa selama satu bulan penuh, umat Muslim juga dianjurkan mengerjakan sholat Tarawih.

Namun, jumlah rakaat sholat tarawih masih menjadi perdebatan di kalangan umat Muslim. Sebagian mengerjakan sholat sunnah malam tersebut sebanyak 8 rakaat ditambah 3 rakaat sholat witir.

Sebagian masyarakat lainnya beranggapan jumlah rakaat sholat tarawih sebanyak 20 ditambah 3 rakaat sholat witir.

Lantas, berapa jumlah rakaat sholat tarawih yang sebenarnya? Simak tulisan di bawah ini untuk mengetahui jumlah rakaat sholat sunnah malam di bulan Ramadhan tersebut menurut Hadist Riwayat Imam Bukhari.

Baca Juga: Hukum Sholat Tawarih Sendiri di Rumah, Lengkap dengan Niat dan Tata Cara Pelaksanaannya

Hukum sholat tarawih adalah sunnah muakkad, yakni ibadah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk dikerjakan umat Muslim sepanjang bulan Ramadhan.

Melansir Suara.com, sholat tarawih memiliki amalan ibadah yang sangat besar dan dapat menghapus dosa masa lalu karena dilaksanakan di bulan suci Ramadhan.

Rasulullah SAW pernah bersabda dalam hadistnya, “Barang siapa beribadah di malam Ramadhan karena iman kepada Allah dan mengharap pahala, maka ia dihapus dosanya yang telah lampau” (HR. Bukhari).

Adapun jumlah rakaat sholat tarawih yang dilaksanakan sebanyak 8 rakaat didasarkan oleh hadist riwayat Imam Bukhari dari Aisyah r.a.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

The Last of Us: Perjalanan Berlanjut Ke Musim Kedua

Senin, 30 Januari 2023 | 13:44 WIB

Mengenal Color Grading Lewat Series 'The Last of Us'

Sabtu, 28 Januari 2023 | 07:32 WIB