Keutamaan Membaca Doa di Waktu Sahur pada Puasa Ramadhan, Wajib Doketahui Umat Islam

- Kamis, 31 Maret 2022 | 14:11 WIB
Keutamaan Membaca Doa di Waktu Sahur pada Puasa Ramadhan, Wajib Doketahui Umat Islam (pixabay/mohamed_hassan)
Keutamaan Membaca Doa di Waktu Sahur pada Puasa Ramadhan, Wajib Doketahui Umat Islam (pixabay/mohamed_hassan)

AYOCIREBON.COM -- Sahur merupakan salah satu ibadah sunnah dalam agama Islam ketika seorang Muslim hendak melaksanakan puasa.

Waktu sahur yang baik itu pada sepertiga terakhir malam atau menjelang sholat Subuh. Di waktu tersebut diyakini Allah SWT menurunkan rahmat dan nikmat-Nya.

Oleh sebab itu, umat Muslim dianjurkan membaca doa di waktu Sahur terutama ketika puasa Ramadhan. Hal tersebut sejalan dengan hadist-hadist berikut ini yang dilansir dari dalamislam.com.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Baca Juga: Materi Kultum Subuh Ramadhan Singkat Padat: Maksud Hadist 'Tidur Orang Berpuasa adalah Ibadah'

“Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta kepada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni.’” (HR. Bukhari dan Muslim).

Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim (9: 182) menerangkan bahwa pada waktu itu (sepertiga terakhir malam) adalah waktu tersebarnya rahmat, banyak permintaan yang diberi dan dikabulkan, serta nikmat semakin sempurna kala itu.

Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa kepada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku di setiap malamnya.”
(HR. Muslim).

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1443 H/2022 dari Kementerian Agama RI, Lengkap Jadwal Sholat 5 Waktu, Klik di Sini!

Adapun amalan yang dapat dilakukan di waktu sahur atau sepertiga terakhir malam yakni dengan membaca doa dan memperbanyak istigfar sesuai dengan apa yang dianjurkan oleh Ibdu Hajar dalam Fathul Bari 3.

Doa dan istighfar di waktu sahur adalah diijabahi (dikabulkan).” (Fathul Bari, 3: 32).

Oleh karena itu, pada waktu sahur alangkah baiknya tidak hanya mengutamakan makan saja, tetapi juga sambil mengamalkan doa-doa.

Amalan yang baik di waktu sahur di antaranya sholat tahajud, membaca Al Quran, dzikir, berdoa, tadharru, serta memohon ampunan atas segala dosa yang pernah diperbuat.

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini