Ini Kelebihan Puasa bagi Kesehatan Jantung, Menurut Dokter Edial Sanif

- Kamis, 31 Maret 2022 | 18:51 WIB
Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Cirebon, dr H Muhammad Edial Sanif SpJP FIHA FasCC FICA.  (Ayocirebon.com/Ayu Lestari)
Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Cirebon, dr H Muhammad Edial Sanif SpJP FIHA FasCC FICA. (Ayocirebon.com/Ayu Lestari)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM- Menjelang Ramadan, menjaga kesehatan tubuh menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

Kesehatan jantung salah satunya. Berpuasa rupanya menjadi solusi yang baik untuk memperbaiki kinerja jantung.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kota Cirebon (IDI Kota Cirebon), dr Muhammad Edial Sanif SpJP FIHA FasCC FICA sekaligus pemilik klinik jantung di Jalan Diponegoro Selatan, Kelurahan Kesenden, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat, membagikan manfaat berpuasa bagi penderita sakit jantung.

Berpuasa ternyata mampu mengurangi risiko sakit jantung sebab membuat pola makan lebih teratur.

"Justru berpuasa banyak manfaatnya untuk kesehatan jantung karena yang sebelumnya makan berlebihan, saat puasa tidak demikian," katanya, Kamis, 31 Maret 2022.

Meskipun penyakit jantung bisa berasal dari keturunan maupun bersumber dari makanan yang dikonsumsi, penyebab lain yang paling sering muncul yaitu dari tekanan pekerjaan atau masalah yang dihadapi.

"Tidak menutup kemungkinan sakit jantung bersumber dari anggota keluarga, bisa karena pola hidup yang kurang sehat, makanan yang dikonsumsi. Tapi, kebanyakan kasus sakit jantung berasal dari masalah," ujarnya.

Biasanya, di awal waktu, penderita sakit jantung akan merasakan sakit di bagian dada sebelah kiri. Rasa sakit itu kemudian menjalar ke leher hingga pundak, juga ke bagian punggung.

"Indikasinya dari sakit dada sebelah kiri, lalu ke leher. Saat sakit jantung, leher akan terasa tercekik, atau bahkan sakit di bagian pundak dan punggung," ulasnya.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini