Tersedia Kuota 10.500 Penumpang, Buruan Cek Syarat Mudik Gratis 2022 dan Cara Daftarnya!

- Rabu, 13 April 2022 | 15:36 WIB
Ilustrasi para penumpang bus. (Unsplash/Ash Gerlach)
Ilustrasi para penumpang bus. (Unsplash/Ash Gerlach)

AYOCIREBON.COM- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI telah membuka pendaftaran mudik gratis 2022. Sebelum mendaftar, ada baiknya menyimak syarat mudik gratis 2022 berikut.

Kemenhub mengumumkan pendaftaran mudik gratis 2022 berlangsung sepanjang 10 - 24 April 2022. Untuk dapat mengikuti program ini, Kemenhub memberikan syarat mudik gratis 2022.

Anda bisa melakukan pendaftaran mudik gratis 2022 dengan cara klik di sini. Namun, berikut ini rentetan syarat mudik gratis 2022 yang harus dipenuhi sebagaimana Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan Nomor 41 Tahun 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Mudik Gratis Angkutan Lebaran Tahun 2022 :

1. Pelaku perjalanan yang telah mendapatkan vaksinasi dosis lanjutan atau dosis 3 (booster) tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT PCR atau rapid test antigen.

2. Pelaku perjalanan yang telah mendapatkan vaksinasi dosis ke - 2 wajib menunjukkan hasil tes negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam atau hasil negatif tes RT PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

3. Pelaku perjalanan yang telah mendapatkan vaksinasi dosis 1 wajib menunjukkan hasil negatif rapid tes RT PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

4. Pelaku perjalanan dengan kondisi kesehatan khusus atau komorbid yang menyebabkan dirinya tidak bisa menerima vaksinasi wajib menunjukkan hasil tes negatif RT PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan, dan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

5. Pelaku perjalanan berusia di bawah 6 tahun dikecualikan terhadap ketentuan vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT PCR atau rapid test antigen. Namun, anak bersangkutan wajib melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan Covid 19.

Dalam program mudik gratis ini, Kemenhub menyiapkan 350 armada bus dengan jumlah kuota 10.500 penumpang.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini