Boleh Dicoba, Jalur Alternatif Jabar Belum Banyak Digunakan Pemudik

- Kamis, 28 April 2022 | 12:44 WIB
Jalur Alternatif Mudik Lebaran 2022 Jawa Barat Wilayah Selatan (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Jalur Alternatif Mudik Lebaran 2022 Jawa Barat Wilayah Selatan (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

AYOCIREBON.COM - Jabar memiliki sejumlah jalur alternatif mudik. Namun jalur alternatif Jabar ini masih belum banyak digunakan pemudik lebaran.

Padahal, jalur alternatif mudik yang ada di Jabar ini bisa menjadi pilihan pengganti buat pemudik yang ingin mencoba menghindari kemacetan parah.

Dilansir dari Republika, Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Jabar, Idat Rosana, menyebut saat ini jalur-jalur alternatif di Jabar masih belum banyak dimanfaatkan pemudik.

Sebabnya adalah kondisi lalu lintas di jalur utama masih cenderung lancar. Namun bila terjadi kepadatan, pemudik akan dialihkan ke jalur alternatif.

"Ketika ada penumpukan di jalur utama, pasti akan kami alihkan ke jalur alternatif," kata Idat di Kabupaten Ciamis, Rabu, 27 April 2022.

Dishub jabar sudah menyiapkan sejumlah jalur alternatif untuk mudik Lebaran. Salah satunya adalah jalur dari Wado ke Sumedang, yang dinilai sudah berfungsi.

Selain Wado, salah satu jalur alternatif yang menjadi perhatian adalah Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jabar. Idat berkata, kondisi jalan di jalur yang menghubungkan dari Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Cianjur, hingga Sukabumi, itu sudah sangat memadai untuk dilintasi kendaraan.

Walau begitu, ia mengakui, sarana dan prasarana di Jalur Pansela masih relatif minim. Ia mencontohkan, SPBU di jalur itu masih sangat sedikit.

"Mangkanya, untuk Jalur Pansela, kami sarankan pengendara melintas pada siang hari," kata dia.

Di Kabupaten Ciamis, pemerintah daerah juga telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di jalur utama.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Achmad Yani, mengatakan, terdapat setidaknya empat jalur alternatif di wilayahnya, yaitu Jalan Cimaragas, Jalan Lingkar Selatan, Jalan Panumbangan-Panjalu, dan Jalan Cisaga-Hayawang.

"Dari segi fisik, sudah baik kondisinya. Rambu-rambu juga telah disiapkan. Apabila ada rekayasa lalu lintas, kami siap arahkan pemudik ke jalur alternatif itu," kata dia.

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini