Teks Khutbah Jumat 2022 Lengkap dengan Doanya

- Kamis, 5 Mei 2022 | 15:12 WIB
Ilustrasi teks khutbah jumat lengkap dengan doanya. (Pexels/Muhammad Adil)
Ilustrasi teks khutbah jumat lengkap dengan doanya. (Pexels/Muhammad Adil)

AYOCIREBON.COM- Simak contoh teks khutbah Jumat yang bisa digunakan untuk menyampaikan nasihat dan pesan mengenai ketakwaan oleh khatib.

Khutbah Jumat merupakan salah satu dari rukun Salat Jumat yang wajib dilaksanakan setiap Muslim laki laki.

Dalam Salat Jumat, saat khatib menyampaikan khutbah Jumat, jamaah wajib mendengarkannya untuk menambah pemahaman agama dan memperkuat iman.

Berikut contoh teks khutbah Jumat, baik khutbah pertama dan khutbah ke - 2, yang dilansir Ayo Cirebon dari laman Kemenag dengan berjudul Mempersiapkan Bekal Sebelum Kematian :

Khutbah Pertama

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْه ُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. اما بعـد
قال الله تعالى: اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ.
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا.

Maasyiral muslimin rakhimakumullah!

Hadirin Jamaah Shalat Jumat yang insya Allah selalu berada dalam naungan rahmat dan hidayah Allah SWT. Tak henti - hentinya kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat iman dan Islam ; karunia yang teramat besar yang Allah karuniakan kepada hamba - hamba Nya. Semoga kita selalu termasuk yang mendapatkan hidayah Nya serta berada dalam keadaan Iman dan Islam hingga akhir hayat kita.

Dan tentunya kita bersyukur kepada Allah atas nikmat berbagai kehidupan yang masih diberikan kepada kita. Sehingga pada kesempatan ini kita masih dapat beribadah kepada Nya, dapat mengingat Nya, serta memuji Nya.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini