Cegah Hepatitis Akut, Dinkes Kabupaten Cirebon Imbau Masyarakat Periksakan Kesehatan Rutin

- Rabu, 11 Mei 2022 | 19:31 WIB
Seorang anak tengah dipakaikan masker. Pemakaian masker menjadi salah satu upaya mencegah penularan hepatitis akut pada anak. (Pexels/August de Richelieu)
Seorang anak tengah dipakaikan masker. Pemakaian masker menjadi salah satu upaya mencegah penularan hepatitis akut pada anak. (Pexels/August de Richelieu)

SUMBER, AYOCIREBON.COM- Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon (Dinkes Kabupaten Cirebon) meminta masyarakat mewaspadai hepatitis akut yang mengancam kesehatan anak, mulai bayi hingga usia 16 tahun.

Seluruh puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten Cirebon diingatkan meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko hepatitis akut.

Kepala Seksi Surveilance dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Cirebon, Dendi Hamdi meyakinkan, meski hepatitis akut membayangi dunia, sejauh ini belum ada temuan kasus di Kabupaten Cirebon khususnya.

"Sejauh ini di Kabupaten Cirebon belum ditemukan kasusnya," katanya Rabu, 11 Mei 2022.

Baca Juga: Hepatitis Akut Menular Lewat Saluran Cerna dan Pernapasan, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya

Menurutnya, upaya kewaspadaan dini dapat dilakukan masyarakat melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dinilai mampu menurunkan potensi penyebaran penyakit hepatitis akut.

Dari data sementara yang diterima, kata Dendi, di Indonesia sudah ada 4 anak yang positif dan meningal dunia terindikasi penyakit hepatitis akut dan berat.

"Kita sedang berupaya agar kejadian ini tidak terjadi di Cirebon," tegasnya.

Selain itu, Dendi meminta setiap orang tua rutin memeriksakan kondisi kesehatan anak setiap bulan.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keutamaan 10 Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah

Rabu, 29 Juni 2022 | 16:56 WIB