Panduan Lengkap Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 30 Tahun 2022, Tips Lolos Cair 3,5 Juta

- Senin, 23 Mei 2022 | 14:06 WIB
Panduan Lengkap Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 30 Tahun 2022, Tips Lolos Cair 3,5 Juta
Panduan Lengkap Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 30 Tahun 2022, Tips Lolos Cair 3,5 Juta
AYOCIREBON.COM - Bagaimana cara daftar Kartu Prakerja gelombang 30 agar lolos seleksi di tahun 2022? Silakan ikuti panduan lengkap di bawah ini.
 
Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 30 telah dibuka pada Sabtu, 21 Mei 2022. Pengumuman tersebut diketahui berasal dari akun Instagram resmi @prakerja.go.id.
 
Warga masyarakat yang tidak lolos seleksi Kartu Prakerja di gelombang sebelumnya, bisa mencoba untuk mendaftar Kartu Prakerja pada Gelombang 30 tahun 2022 ini.
 
 
“Yuk kita lanjutin ke Gelombang 30! Sekaligus reminder untuk sobat-sobat yang belum menyelesaikan proses pendaftaran, silahkan melanjutkan proses sebagaimana mestinya sehingga ketika pembukaan gelombang dilakukan, bisa langsung klik Gabung Gelombang,” tulis akun Instagram resmi @prakerja.go.id.
 
Syarat dan tata cara daftar Kartu Prakerja pada gelombang 30 tahun 2022 ini tidak berbeda jauh seperti pada gelombang sebelumnya.
 
Syarat untuk Daftar Kartu Prakerja Gelombang 30
 
1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah berusia 18 tahun ke atas.
 
2. Tidak ataupun sedang menjalani pendidikan formal.
 
3. Sedang mencari pekerjaan, pekerja/buruh yang mengalami PHK, atau pekerja/buruh yang memerlukan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
 
4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.
 
5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala desa dan perangkat desa maupun Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
 
6. Maksimum 2 NIK dalam 1 Kartu Keluarga (KK) yang menjadi penerima Kartu Prakerja.
 
Tata Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 30
 
Berikut ini panduan lengkap dan cara daftar Kartu Prakerja untuk gelombang 30 yang bisa Anda ikuti dengan mudah.
 
1. Silakan akses dashboard Kartu Prakerja melalui laman resmi https://dashboard.prakerja.go.id/masuk
 
2. Lalu isi email dan password Anda, kemudian klik Daftar.
 
 
3. Lakukan pengecekan pada email yang Anda daftarkan, nantinya akan muncul pemberitahuan untuk memverifikasi. Klik verifikasi.
 
4. Langkah selanjutnya kembali pada menu dashboard Kartu Prakerja.
 
5. Isi daftar diri yang diperlukan dengan mengunggah dokumen e-KTP berwarna Anda.
 
6. Kemudian isi juga nomor HP Anda, lalu kirimkan.
 
7. Nanti akan ada notifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor HP Anda, silakan diverifikasi dengan memasukkan kode OTP yang telah dikirimkan tadi.
 
8. Isi pernyataan calon pendaftar Kartu Prakerja secara jujur. Kemudian klik OK.
 
9. Kemudian, Anda akan diminta untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Tes tersebut wajib diikuti oleh calon pendaftar Kartu Prakerja.
 
10. Selanjutnya, Anda tinggal mengikuti seleksi Kartu Prakerja sesuai gelombang.
 
11. Silakan dipilih gelombang Kartu Prakerja sesuai dengan domisili Anda, lalu klik Gabung.
 
12. Nantinya akan muncul notifikasi Persetujuan Prakerja yang berupa beberapa pernyataan, kemudian klik “Saya Menyetujui”.
 
13. Langkah terakhir setelah Anda mengikuti panduan cara daftar Kartu Prakerja diatas, yaitu menunggu hasil evaluasi. Jika lolos verifikasi, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui SMS setelah pengumuman penutupan gelombang Kartu Prakerja.
 
Yang Perlu Diketahui tentang Kartu Prakerja 
 
Program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.
 
Program ini didesain sebagai sebuah produk dan dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi calon pengguna Kartu Prakerja sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta.
 
Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna Kartu Prakerja dalam mencari, membandingkan, memilih dan memberi evaluasi.
 
Program Kartu Prakerja adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat dengan semangat gotong royong demi SDM unggul dan Indonesia maju.
 
 
Demikian informasi yang dapat disampaikan mengenai panduan lengkap cara daftar Kartu Prakerja pada gelombang 30 tahun 2022.

Editor: Hengky Sulaksono

Tags

Artikel Terkait

Terkini