Kuota Haji Berkurang, Amphuri Berangkatkan Jemaah Haji sesuai Nomor Antrian

- Senin, 30 Mei 2022 | 14:47 WIB
Pembinaan ibadah haji bagi para calon jemaah haji yang akan berangkat pada 2022. (Ayocirebon.com / Ayu Lestari)
Pembinaan ibadah haji bagi para calon jemaah haji yang akan berangkat pada 2022. (Ayocirebon.com / Ayu Lestari)

HARJAMUKTI, AYOCIREBON.COM— Pengurangan kuota haji hampir melebihi 50% diklaim Asosiasi Muslim Penyelenggaraan Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) tak perdampak pada jumlah jemaah haji yang akan diberangkatkan tahun ini.

Amphuri berencana tetap memberangkatkan calon jemaah haji pada Juni 2022 sesuai nomor urut antrian.

"Yang biasanya kita sendirian (Salam Tour) bisa memberangkatkan jemaah haji, atau konsorsium maksimal 3 travel, sekarang bisa sampai 10 travel," kata Wakil Ketua Amphuri, Dede Muharam, Senin, 30 Mei 2022. 

Masing - masing jasa travel memberangkatkan 2 - 3 jemaah haji asal Indonesia. 

"Terkait dengan anggaran, tidak mungkin 1 bus hanya memberangkatkan 5 - 10 orang saja. Maka dari itu harus digabung dengan travel lain," ujarnya.

Dikatakan Dede, kuota jemaah haji asal Indonesia sebanyak 100.051 jemaah.

"Dari 7.726 jemaah haji diantaranya diperuntukkan untuk jemaah haji khusus dan haji plus, tetap dalam pengawasan Kementerian Agama," ungkapnya. 

Program haji plus biasanya menjadi alternatif bagi masyarakat yang menginginkan keberangkatan lebih cepat, dengan fasilitas lebih lengkap. 

"Tentu syaratnya menyesuaikan dengan prosedur yang sudah ditetapkan Pemerintah Arab Saudi, misalnya batasan usia di bawah 65 tahun serta sudah vaksin lengkap," bebernya. 

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini