Pilpres 2024 : Puan Harus Bertarung Lebih Berani

- Rabu, 1 Juni 2022 | 15:04 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani. (Instagram @ketua_dprri)
Ketua DPR RI, Puan Maharani. (Instagram @ketua_dprri)

AYOCIREBON.COM- Puan dipandang harus bertarung lebih berani dalam konstestasi Pilpres 2024.

Terlebih, ia dengan posisinya sebagai Ketua DPR merepresentasikan simbol perjuangan kesetaraan gender sebagai salah satu persoalan yang masih menjadi pekerjaan rumah di Indonesia.

Sebagai seorang perempuan yang sarat jam terbang di pentas politik, apalagi dengan posisinya kini, Puan dinilai sebagai inspirasi perjuangan kaum perempuan.

"Tidak mudah dan perlu puluhan tahun seorang perempuan dapat kembali menduduki jabatan prestisius sebagai Ketua DPR. Ini momentum luar biasa yang dapat memperkuat perjuangan kesetaraan gender," kata Direktur Eksekutif Gerbang Informasi (GI), Miqdad Husein.

Pada pundak Puan Maharani, lanjutnya, nasib perjuangan kesetaraan perempuan diharapkan dapat lebih mengeliat dan bersemangat.

Direktur Eksekutif Gerbang Informasi (GI), Miqdad Husein.

Ini akan dapat menjadi energi mencairkan budaya patriaki yang masih terasa di Indonesia.

Secara normatif melalui undang undang, berbagai upaya memang telah dilakukan, salah satunya ketentuan keharusan kuota 30% jabatan publik diisi perempuan.

"Tapi, normatif saja tidak cukup, perlu ada upaya konkret melalui keberanian para tokoh perempuan seperti Puan yang telah menduduki jabatan prestisius untuk lebih intens dan konsisten serta berani bertarung," papar Miqdad.

Halaman:

Editor: Erika Lia

Tags

Artikel Terkait

Terkini