Viral Video Pelecehan Seksual, KAI Blacklist NIK Pelaku untuk Perjalanan Kereta

- Rabu, 22 Juni 2022 | 11:18 WIB
Potret tangan pelaku lakukan tindakan pelecehan (Twitter: @selasarabu_)
Potret tangan pelaku lakukan tindakan pelecehan (Twitter: @selasarabu_)

 

AYOCIREBON.COM - PT KAI melakukan blacklist pelaku pelecehan seksual yang dilakukan saat perjalanan kereta api yang videonya viral.

Disitat dari Republika, EVP Corporate Secretary KAI Asdo Artriviyanto mengatakan hal tersebut merupakan langkah tegas yang dilakukan untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual pada layanan KAI.

“Kebijakan ini KAI terapkan untuk memberikan efek jera dan mencegah pelaku melakukan hal serupa di kemudian hari. Kebijakan ini juga berlaku untuk pelaku pelecehan seksual yang kasusnya sempat viral kemarin,” kata Asdo dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga: Viral Pernikahan Kakek 100 Tahun dengan Janda 40 Tahun di Bone Sulawesi Selatan

Sebelumnya beredar video seorang penumpang perempuan dilecehkan oleh seorang laki-laki yang duduk di sebelahnya di KA Argo Lawu relasi Solo Balapan-Gambir. Video itu viral di media sosial pada Senin (20/6/2022).

Dia memastikan KAI sudah menghubungi korban untuk menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami. Dia menegaskan, KAI juga siap untuk memberikan dukungan dalam langkah hukum yang akan diambil.

“Korban tidak bermaksud untuk membawa masalah ini ke ranah hukum dan hanya meminta terduga pelaku untuk menyampaikan permohonan maaf serta tidak akan mengulangi perbuatannya kembali,” kata Asdo.

Berdasarkan bukti video dan laporan yang ada, Asdo mengatakan KAI akan melakukan blacklist terhadap Nomor Induk Kependudukan (NIK) pelaku yang melakukan pelecehan seksual. Dengan begitu pelaku tersebut tidak dapat menggunakan layanan KAI di kemudian hari.

Halaman:

Editor: Hengky Sulaksono

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Download GTA 5 APK Free to Play Update 2022

Jumat, 1 Juli 2022 | 10:21 WIB