Terbaru! 5 Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan SMA Tanpa Syarat Tinggi Badan

- Rabu, 23 November 2022 | 20:30 WIB
Ilustrasi ASN - Bagaimana kalau tenaga honorer tidak lolos seleksi PPPK dan CPNS? (Istimewa)
Ilustrasi ASN - Bagaimana kalau tenaga honorer tidak lolos seleksi PPPK dan CPNS? (Istimewa)

AYOCIREBON.COM - Berikut ini lima formasi CPNS 2023 yang dibuka untuk lulusan SMA. 

Lima Formasi ini akan membuka jalan untuk para pelamar dari lulusan SMA yang bermasalah dengan tinggi badan, yang akan mendaftarkan diri pada CPNS 2023.
 
Meski CPNS identik dengan lulusan para sarjana dan Tinggi Badan, bukan berarti tidak ada perekrutan CPNS 2023 untuk lulusan SMA. 
 
Selain dari program sekolah ikatan dinas, pemerintah juga membuka beberapa formasi untuk lulusan SMA. Biasanya pemerintah membuka lowongan untuk porsi yang paling banyak membutuhkan CPNS merekrut lulusan SMA.
 
Baca Juga: Lowongan CPNS 2023 untuk Lulusan D3, Simak Formasi dan Syarat Lengkapnya

Dari data yang diambil dari berbagai media online dan berdasarkan dari formasi tahun lalu, beberapa instansi dari pemerintahan maupun daerah pasti membutuhkan tenaga lulusan SMA.

Berikut adalah 5 Formasi CPNS 2023 yang tidak menggunakan persyaratan Tinggi Badan di beberapa Instansi.
 
Pasalnya, pada tahun 2023 nanti akan dibuka formasi CPNS untuk lulusan SMA. Ada beberapa formasi CPNS 2023 lulusan SMA tanpa syarat tinggi badan yang bisa jadi tujuan.

Kesempatan untuk menjadi aparatur sipil negara (ASN) bagi lulusan SMA, sesungguhnya terbuka lebar lewat berbagai program pemerintah. Salah satunya melalui sekolah kedinasan.
 
Baca Juga: Kematian Anggota Koopsud III Prada Indra Jadi The Next Brigadir J, Ini Sejumlah Kejanggalannya

Dilansir AyoBandung.com dari berbagai sumber, tentang 5 formasi CPNS 2023 tanpa syarat tinggi badan untuk lulusan SMA. 
 
Sekolah kedinasan adalah sekolah dengan jaminan ikatan dinas dan peserta yang lolos seleksi dan menempuh pendidikan sesuai dengan aturan yang berlaku akan diangkat langsung menjadi ASN.

Tetapi, perlu kalian ketahui bahwa syarat untuk menjadi mahasiswa di sekolah ikatan dinas cukup berat. Salah satu syarat yang cukup sulit adalah perihal tinggi badan.

Jika kalian adalah lulusan SMA atau sederajat dengan tinggi badan yang tak memenuhi aturan masuk sekolah kedinasan namun ingin menjadi ASN, jangan berkecil hati dulu.

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa di tahun 2023, pemerintah akan membuka kesempatan bagi lulusan SMA yang ingin menjadi ASN. 
 
 
Diketahui, ada beberapa formasi CPNS 2023 lulusan SMA tanpa syarat tinggi badan. Lantas, formasi apakah saja itu? Simak penjelasannya di artikel ini.
 
1. Badan SAR Nasional
 
Badan SAR Nasional akan membuka formasi Rescuer bagi lulusan SMA atau sederajat. Adapun syaratnya yaitu memiliki Sertifikat Renang atau Sertifikat Selam atau Sertifikat Pelatihan SAR.
 
2. Kementerian Hukum dan HAM
 
Kementerian satu ini sudah menjadi langganan untuk membuka lowongan CPNS, salah satunya untuk lulusan SMA sederajat. Sebagai penjaga penjara, para lulusan SMA akan mendaftar di formasi ini.

Kemenkumham sendiri memiliki banyak sekali kuota untuk calon CPNS 2023 tahun depan.
 
Kementerian Hukum dan HAM menyediakan formasi untuk lulusan SMA. Adapun formasi yang disiapkan yaitu:

- Penjaga Tahanan
- Pemeriksa Keimigrasian
 
3. Kementerian Perhubungan

Dilihat dari lowongan sebelumnya, Pemerintah pusat juga membuka penerimaan CPNS khusus lulusan SMA pada formasi ini.
 
Perlu diperhatikan dalam pendaftaran ini, tinggi badan sangat berpengaruh terhadap lulusnya tahap seleksi seperti aturan CPNS Kemenhub pada umumnya.

Berikut adalah formasi di Kementerian Perhubungan untuk lulusan SMA tanpa syarat tinggi badan:

- Aviation Security

- Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran
 
- Teknisi Sarana dan Prasarana

- Teknisi Peralatan Listrik dan Elektronika

4. Kejaksaan Agung RI
 
Jika dilihat dari kuota penerimaannya, lulusan SMA sederajat mempunyai peluang untuk mendaftar di formasi Kejaksaan Agung RI ini.

Pasalnya pada penerimaan tahun lalu ada beberapa formasi yang dibuka untuk lowongan ini. Kabar gembira untuk para lulusan SMA yang sudah menanti lama penerimaan CPNS pada tahun ini, semoga tahun depan dibuka kembali.
 
Kejaksaan akan menyiapkan dua formasi untuk lulusan SMA atau sederajat. Berikut adakah rincian formasi dan persyaratannya:

- Pengawal Tahanan
 
Adapun persyaratan yang harus Anda siapkan untuk melamar posisi ini yaitu: Sertifikat Beladiri, Sertifikat Komputer, SIM A, dan SIM C.

- Pengadministrasi Penanganan Perkara
 
Adapun persyaratan yang harus Anda siapkan yaitu Sertifikat Komputer, SIM A, dan SIM C.
 
5. Kementerian Pertahanan

Kementerian Pertahanan akan membuka formasi Kataloger yang diperuntukkan bagi lulusan SMA atau sederajat.
 
Nah, Itulah 5 Formasi CPNS 2023 tanpa syarat Tinggi Badan untuk lulusan SMA, Siapkan Persyaratan dari saat ini untuk menjadi PNS tahun depan.***

Editor: Rohmana Kurniandari

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Color Grading Lewat Series 'The Last of Us'

Sabtu, 28 Januari 2023 | 07:32 WIB