Gempa Bumi di Garut Jawa Barat 6,4 Magnitudo, BMKG: Adanya Aktivitas Lempeng Indo-Australia

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 18:07 WIB
Gempa Bumi di Garut Jawa Barat 6,4 Magnitudo, BMKG: Adanya Aktivitas Lempeng Indo-Australia (Twitter BMKG)
Gempa Bumi di Garut Jawa Barat 6,4 Magnitudo, BMKG: Adanya Aktivitas Lempeng Indo-Australia (Twitter BMKG)

AYOCIREBON.COM -- Gempa terkini terasa kembali di Jawa Barat yang berpusat di Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan kekuatan 6,4 Magnitudo, Sabtu 3 Desember 2022.

Menurut laporan BMKG, gempa bumi terjadi di wilayah selatan Garut merupakan gempa tektonik yang berlokasi di darat wilayah Mekarmukti, Garut, Jawa Barat pada kedalaman 109 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas dalam lempeng Indo-Australia (intraslab).

Baca Juga: Gempa Bumi Garut 6,4 Magnitudo Hari Ini 3 Desember 2022 Terasa di Banten hingga Yogyakarta

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Dr. Daryono dalam keterangan tertulisnya.

Gempa terkini berdampak dan dirasakan di daerah Garut dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Bahkan, gempa Garut ini juga terasa di beberapa wilayah yang di antaranya Soreang, Kopo, Kalapanunggal, Sumur, Ciamis, Tasikmalaya dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Sumedang, Lembang, Pamoyanan, Panimbang,  Cikeusik, Labuan, Purworejo, Bantul, Kulonprogo dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Baca Juga: Live Streaming Gratis Piala Dunia 2022 Malam Ini Belanda vs Amerika Serikat di Babak 16 Besar

Halaman:

Editor: Gita Esa Hafitri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Color Grading Lewat Series 'The Last of Us'

Sabtu, 28 Januari 2023 | 07:32 WIB