Minim Lahan, DPRD Kota Cirebon Usulkan Pemanfaatan Sampah

- Kamis, 11 Maret 2021 | 11:46 WIB
ilustrasi sampah. (ist)
ilustrasi sampah. (ist)

KEJAKSAN, AYOCIREBON.COM -- Kota Cirebon menghadapi keterbatasan lahan. Sampah pun akan dimanfaatkan sebagai bahan perluasan.

Ketua Komisi II DPRD Kota Cirebon, Watid Sahriar mengatakan, pemanfaatan sampah dapat dilakukan di sepanjang 7 km pantai Kelurahan Kesenden dan Kebonbaru, Kecamatan Kejaksan.

"Tanpa menghitung yang ada di area Pelabuhan Cirebon, sampah yang bisa dimanfaatkan sekitar 5 km," katanya, Kamis (11/3/2021).

Selama ini, imbuhnya, secara alami telah terjadi proses sedimentasi di sekitar pantai Cirebon. Menurutnya, sampah dapat dimanfaatkan untuk mereklamasi pantai.

Dia mengungkapkan, puluhan tahun warga RW 10 dan 11 Kelurahan Kesenden telah memanfaatkan sampah untuk pengurukan lahan. Bahkan, rumah-rumah di sekitar situ berdiri di atas urukan tanah dan sampah.

"Artinya, ada peluang untuk reklamasi sampah dengan memanfaatkan sampah," katanya.

Reklamasi pantai memanfaatkan sampah dipandangnya sebagai potensi perluasan lahan terbuka di Kota Cirebon. Terlebih, Kota Cirebon menghadapi persoalan keterbatasan ruang terbuka hijau.

Meski begitu, dia mengakui perlu ada kajian ilmiah ihwal pemanfaatan sampah sebagai material pengurukan. Sejumlah variabel perlu diteliti, salah satunya kesehatan masyarakat yang tinggal di atas urukan tanah dan sampah tersebut.

"Sampahnya juga harus dibawa ke laboratorium, tanahnya juga diteliti," tambahnya.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini