Ruang Interaksi Itu Diberi Nama Taman Cirebon

- Selasa, 27 Agustus 2019 | 17:44 WIB
Sejumlah anak mengamati sebagian lahan di area Taman Cirebon yang akan dibangun fasilitas olahraga oleh Cirebon Power dan KOMIPO. (Erika Lia/Ayocirebon.com)
Sejumlah anak mengamati sebagian lahan di area Taman Cirebon yang akan dibangun fasilitas olahraga oleh Cirebon Power dan KOMIPO. (Erika Lia/Ayocirebon.com)

ASTANAJAPURA, AYOCIREBON.COM -- Sebuah taman dengan luas sekitar satu hektare berdiri di tepian jalur pantura, Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon. Taman ini memvisikan diri sebagai ruang interaksi publik yang akan menaikkan kualitas sumber daya manusia sekitarnya.

Dinamakan Taman Cirebon, di dalamnya tengah disiapkan sejumlah fasilitas seperti perpustakaan dan ruang olahraga yang terbuka. Selain itu, fasilitas lain yang sudah ada berupa rumah produksi terasi, UKM kelompok jahit, UKM kelompok tata boga Pawon Mimi, kelompok batik, hingga rumah pompa yang menyuplai air bersih bagi sekitar 100 kepala keluarga di satu wilayah RW di area tersebut.

Pendirian Taman Cirebon setahun terakhir ini diinisiasi Cirebon Power, konsorsium multi-nasional yang memiliki Pembangkit Listrik Supercritical berkapasitas 1x660 MW di pesisir Kabupaten Cirebon (PLTU Cirebon). Dalam perwujudannya, Cirebon Power menggandeng sejumlah pihak, masing-masing KOMIPO (Korea Midland Power) serta unsur masyarakat setempat yakni BUMDes Sejahtera Kita Bersama, Desa Kanci Kulon, dan Gerakan Literasi Masyarakat 'Gelemaca'.

Pembangunan taman yang berjarak sekitar 200 meter sisi timur pembangkit pertama Cirebon Power ini, dimulai Cirebon Power dan KOMIPO pada Selasa (27/8/2019). Kedua pihak juga menandatangani nota kesepahaman dengan BUMDes Sejahtera Kita Bersama dan Gerakan Literasi Masyarakat 'Gelemaca', di area Taman Cirebon.

"Kami harap ruang  publik seperti Taman Cirebon bisa menjadi wahana belajar, kreasi, kesenian, juga pengembangan kapasitas masyarakat," kata Direktur Utama Cirebon Power, Hisahiro Takeuchi.

AYO BACA : Status Tanah Jadi Kendala Revitalisasi Pasar di Indramayu

Menurutnya, di taman ini, warga bisa menimba ilmu dan wawasan, hingga menjaga kesehatan. Warga dapat pula mengolah dan berdagang  produk lokal, bahkan bisa terus berkembang.

Wakil Direktur Utama Cirebon Power, Joseph Pangalila menambahkan, Taman Cirebon yang dibangun di tepi jalan pantura ini dinilai akan menjadi ruang interaksi publik sekitar yang mudah diakses.

"Di sini bisa sebagai tempat rekreasi masyarakat. Kami akan buat taman ini hijau dan sejuk," janjinya.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Jadwal Vaksin di Indramayu Hari ini, 11 Agustus 2022

Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:29 WIB

Rencana Pemadaman Listrik Indramayu, 11 Agustus 2022

Kamis, 11 Agustus 2022 | 07:52 WIB

Jadwal Vaksin di Indramayu, 9 Agustus 2022

Selasa, 9 Agustus 2022 | 07:57 WIB

Jadwal Vaksin Booster di Kota Cirebon, 9 Agustus 2022

Selasa, 9 Agustus 2022 | 07:31 WIB