Penyandang Difabel Rentan Jadi Korban Aksi Kekerasan Seksual

- Jumat, 12 Maret 2021 | 15:09 WIB
[Ilustrasi] Pelecehan seksual. (Pixabay)
[Ilustrasi] Pelecehan seksual. (Pixabay)

ARJAWINANGUN, AYOCIREBON.COM -- Penyandang difabel rentan menjadi korban pelecehan dan kekerasan seksual. Di Wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan), rerata pelaku merupakan predator.

Manajer Program WCC Mawar Balqis, sebuah lembaga pendamping perempuan dan anak (perempuan) korban kekerasan di Ciayumajakuning, Sa'adah mengungkapkan, sejauh ini korban pelecehan dan kekerasan seksual di Ciayumajakuning menimpa penyandang difabel mental, intelektual, rungu, maupun wicara.

"Selama 2018-2020 ada sekitar 4 penyandang difabel mental dan intelektual, serta setidaknya 2 kasus difabel rungu dan wicara," ungkapnya kepada Ayocirebon.com, Jumat (12/3/2021).

Ia menambahkan, seluruh kasus itu hanyalah yang diketahui setelah dilaporkan. Dipastikan jumlahnya melebihi itu dengan tindak kekerasan seksual beragam.

Kasus kekerasan seksual terhadap difabel menimpa usia remaja hingga dewasa. Beberapa di antara korban bahkan hamil, terpapar HIV, dan hal paling miris adalah ketidaksadaran atas situasi yang dihadapinya pasca menjadi korban kekerasan.

"Ada salah satu korban difabel intelektual yang tidak merasa depresi karena dia tidak sadar apa yang dialaminya," tuturnya.

Keterbatasan fisik maupun mental kerap dimanfaatkan pelaku pelecehan dan kekerasan seksual. Tak hanya melakukan kekerasan seksual, ada pula di antara pelaku diduga terlibat jaringan perdagangan manusia (human trafficking).

Sebagian pelaku, imbuhnya, belakangan diketahui orang dekat korban, baik yang masih 1 keluarga, tetangga, bahkan sesama difabel. Ada pula pelaku yang memanfaatkan kawan korban untuk memperdayanya.

"Pelaku nyaris semuanya merupakan predator seksual," katanya.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Jadwal Vaksin di Indramayu Hari ini, 11 Agustus 2022

Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:29 WIB

Rencana Pemadaman Listrik Indramayu, 11 Agustus 2022

Kamis, 11 Agustus 2022 | 07:52 WIB

Jadwal Vaksin di Indramayu, 9 Agustus 2022

Selasa, 9 Agustus 2022 | 07:57 WIB

Jadwal Vaksin Booster di Kota Cirebon, 9 Agustus 2022

Selasa, 9 Agustus 2022 | 07:31 WIB