BLT UMKM 2021 sebesar Rp 2,4 juta Diajukan untuk 12 Juta Orang, Simak Daftar Penerima dan Caranya

- Minggu, 24 Januari 2021 | 15:15 WIB
Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki (depkop.go.id)
Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki (depkop.go.id)

AYOCIREBON.COM- Pemerintah memastikan segera menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) UMKM sebesar Rp 2,4 juta untuk 12 juta pelaku usaha.

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, program bantuan ini rencananya bakal dilanjutkan di tahun ini.

Oleh sebab itu, Teten telah mengirim surat kepada Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani terkait usulan dilanjutkannya program Banpres Produktif.

"Per tanggal 14 Desember 2020 kemarin, kami telah berkirim surat dengan Kemenkeu untuk mengusulkan lanjutan program Banpres Produktif. Kami mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp 28,8 triliun dan menargetkan 12 juta pelaku UMKM yang akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 2,4 juta per usaha mikro," ujar Teten dalam Rapat Kerja Kemenkop UKM dengan Komisi VI DPR RI yang disiarkan secara virtual, Kamis (21/1).

Menurut Teten, apabila pengajuan ini diterima oleh Kemenkeu dan bisa direalisasikan segera, pihaknya akan memprioritaskan penerima BLT dari aspek pemerataan antardaerah dan yang belum menerima bantuan.

Apalagi pada periode pencairan sebelumnya, diakui Teten, masih banyak UMKM yang belum mendapatkan BLT sebesar Rp 2,4 juta. Padahal hingga saat ini sudah ada sebanyak 28 juta UMKM yang mengajukan diri untuk menerima BLT.

Sambil menunggu pencairan BLT UMKM ada baiknya simak informasi pendaftaran dan persyaratan memperoleh bantuan dari Kementerian Koperasi dan UMKM.

Memeriksa dan memastikan data Anda masuk dalam daftar penerima BLT untuk UMKM penting karena sebelumnya Anda sudah melakukan pemenuhan syarat yang diperlukan. Syarat ini kemudian akan diteliti dan menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan penerima BLT yang dimaksud.

Nah, data tersebut kini sudah dapat Anda ketahui dengan memeriksanya secara online. Nantinya berbekal data tersebut Anda bisa melakukan konfirmasi pada bank yang Anda gunakan, dan juga telah bekerja sama dengan pemerintah. Bank yang turut dalam program penyaluran ini antara lain PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk (BRI), PT Bank Negara Indonesia (Persero) dan juga Bank Syariah Mandiri (BSM).

Halaman:

Editor: A. Dadan Muhanda

Tags

Terkini

Cara Menonton Video TikTok Tanpa Login dan Buat Akun

Rabu, 28 September 2022 | 13:19 WIB

Bocoran Spesifikasi HP Oppo Terbaru Oppo A77s

Selasa, 27 September 2022 | 14:43 WIB