Mengenali 4 Jenis Pelecehan Seksual

- Selasa, 17 Desember 2019 | 16:33 WIB
Ilustrasi pelecehan seksual. ( © picture-alliance/dpa/Frank May)
Ilustrasi pelecehan seksual. ( © picture-alliance/dpa/Frank May)

JAKARTA, AYOCIREBON.COM -- Pelecehan seksual merupakan perilaku yang tidak menyenangkan, menyinggung, dan dapat mengganggu seseorang. Pelecehan seksual sendiri bisa terjadi kapanpun dan di manapun, baik di kendaraan umum, di sekolah, di lingkup kerja, dan di tempat lainnya.

Pelecehan seksual biasanya seringkali terjadi disaat yang tidak terduga bahkan terkadang korban tidak menyadari telah mengalami pelecehan seksual. Kota Jakarta sendiri menempati posisi ke-7 di dunia sebagai kota yang paling 'akrab' dengan kasus pelecehan seksual.

“Tahun 2018 mengalami kenaikan sebanyak 14 persen dari tahun sebelumnya, yaitu 406.178 (kasus). Pola kekerasan yang terjadi masih sama, lagi-lagi yang paling tinggi di ranah personal atau ranah privat, ranah yang paling dianggap tabu untuk diungkapkan di ruang publik atau di ruang-ruang politik sebanyak 71 persen, yaitu 9.637 kasus, di antaranya adalah KDRT atau relasi personal atau relasi pribadi," kata Komisioner Komnas Perempuan Mariana Aminuddin di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (6/3/2019) seperti berita yang dilansir oleh detiknews.com.

Pelecehan seksual bisa terjadi pada siapapun, namun beberapa dari mereka juga memilih untuk tidak memperpanjang hal ini karena berbagai hal, misalnya malu, tidak ingin memperpanjang masalah, merasa tidak enak dengan pelaku, atau bahkan kadang tidak mengetahui bahwa telah dilecehkan.

Kurangnya pengetahuan tentang sex education memungkingkan tingkat pelecehan seksual menjadi lebih tinggi dikarenakan mereka sering kali tidak mengetahui bahwa mereka telah dilecehkan. Menurut survei sekitar 30,5 persen dari sampel milenial di Jakarta tidak menyadari bahwa mereka telah mengalami pelecehan seksual.

Sesuai dengan jenis yang ada, setidaknya terdapat kurang lebih 4 bentuk kegiatan yang bisa disebut sebagai pelecehan seksual. Jenis-jenis pelecehan seksual tersebut adalah:

1. Pelecehan Gender

Pelecehan gender ini jarang disebut sebagai bentuk pelecehan yang jarang disadari. Pelecehan ini terjadi ketika salah satu gender 'mengkotak-kotakan' lawan jenisnya dari segi apapun, misalnya lelaki tidak cocok untuk menjadi MUA (MakeUp Artist) atau wanita tidak cocok untuk menjadi arsitek. Secara tidak sadar, kejadian ini sering kali terjadi di kegiatan sehari-hari dan bahkan telah terjadi di lingkup primer yaitu keluarga.

2. Perilaku Menggoda

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Cara Beli Fan Token $Persib Persib di Socios

Selasa, 27 September 2022 | 14:25 WIB