Masjid Jagabayan Cirebon, Transformasi Pos Penjagaan Berusia Setengah Milenium

- Kamis, 23 April 2020 | 16:28 WIB
Pintu masuk Masjid Jagabayan Cirebon berupa jalan gang selebar sekitar 83 cm. (Ayocirebon.com/Erika Lia)
Pintu masuk Masjid Jagabayan Cirebon berupa jalan gang selebar sekitar 83 cm. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

LEMAHWUNGKUK, AYOCIREBON.COM -- Masjid Jagabayan di Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, dikenal sebagai masjid tua yang menyimpan histori. Kekeramatannya masjid menjadi alas eksistensi masjid berusia lebih dari setengah milenium itu sampai kini.

Masjid Jagabayan berada nyaris tersembunyi di antara pertokoan, rata-rata toko emas, di Jalan Karanggetas. Selama puluhan tahun, Jalan Karanggetas dikenal sebagai salah satu nadi ekonomi Kota Cirebon.

Meski letaknya "nyempil", Masjid Jagabayan dikenal hingga ke tanah Inggris. Kekeramatanyalah yang menyeberangkan nama masjid berusia sekitar 583 tahun ini hingga ke benua lain.

"Dulu ada suami istri dari Inggris datang kemari. Mereka berdoa di sini dan membawa air dari sumur Masjid Jagabayan," ungkap generasi ke-11 pengurus Masjid Jagabayan, M Faozan kepada Ayocirebon.com, Kamis (23/4/2020).


Generasi ke-11 pengurus Masjid Jagabayan Cirebon, M Faozan di depan pintu masuk masjid. (Ayocirebon.com/Erika Lia)

Sang istri rupanya berasal dari Cirebon, namun telah menetap sekitar 30 tahun di Inggris setelah menikahi warga sana. Ketika itu, usaha keduanya tengah di ujung tanduk.

Mengutip kata-kata pasutri itu, Faozan mengungkapkan, upaya perbaikan ekonomi keluarga mereka datang melalui mimpi. Bukan sekali, melainkan tiga kali, yang meminta mereka mendatangi Masjid Jagabayan.

Dari Inggris mereka terbang ke tanah Cirebon dan mendatangi Masjid Jagabayan. Ditemui langsung Faozan, mereka pun memanjatkan doa dan membawa pulang air sumur yang diyakini mengandung berkah.

"Mulai dari minta naik jabatan, keselamatan, bikin rumah, tujuh bulanan (tradisi tujuh bulanan bagi wanita hamil), sampai pengobatan," ungkap Faozan membeberkan beberapa alasan yang banyak disampaikan pengunjung masjid.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

Cara Beli Fan Token $Persib Persib di Socios

Selasa, 27 September 2022 | 14:25 WIB